Langkah Awal dan Tips Memulai Bisnis Event Organizer Pasca Pandemi
Ilustrasi event organizer (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bisnis event organizer makin menjanjikan di Indonesia. Masih banyak peluang yang tersedia dan bisa dimanfaatkan demi keuntungan. Bagi Anda yang berencana membuka bisnis tersebut, ketahui langkah awal dan tips memulai bisnis event organizer (EO) pasca pandemi.

Langkah Awal dan Tips Memulai Bisnis Event Organizer

Industri hiburan di Tanah Air sempat mengalami stuck saat pandemi. Namun, geliatnya muncul lagi setelah tren kasus COVI-19 terus menurun. Bahkan saat ini banyak EO yang berlomba-lomba mengadakan acara semacam konser musik atau festival yang bisa diikuti oleh umum hingga kalangan tertentu.

Bagi Anda yang berencana mendirikan bisnis EO, berikut ini langkah awal yang bisa dilakukan pasca pandemi.

  1. Buat Tim

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan dalam membuat bisnis event organizer adalah membangun sebuah tim inti. Setiap anggota memiliki tugas dan wewenang masing-masing. Usahakan tim harus solid dan memiliki keahlian di bidang yang dibutuhkan.

  1. Legalitas Perusahaan

Kepercayaan konsumen terhadap perusahaan akan membantu kesuksesan bisnis Anda. Kepercayaan bisa dicapai dengan menyediakan keperluan yang berkaitan dengan legalitas. Hal ini berfungsi untuk melindungi risiko tertentu yang berkaitan dengan hukum.

  1. Tentukan Fokus

Ada banyak jenis perusahaan EO yang didasarkan pada fokusnya. Misalnya, Anda bisa fokus ke EO bidang musik, EO Festival, EO wedding, dan masih banyak lagi. Menentukan fokus akan membantu perusahaan lebih tertata. 

4. Digital Branding

Pandemi membuat kebiasaan baru di tengah masyarakat, salah satunya berkaitan dengan digitalisasi. Oleh karenanya, perusahaan EO baru harus mulai melakukan branding lewat digital. Anda bisa membuat akun media sosial dan mencantumkan konten menarik serta informasi terkait perusahaan selengkap-lengkapnya.

Setelah pondasi perusahaan kuat, Anda bisa mulai menjalankan bisnis EO. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

  1. Petakan Trend

Bisnis EO juga berkaitan dengan trend yang terjadi di lingkungan sekitar Anda. Membaca trend akan membantu keberhasilan event yang digelar. Memetakan trend jadi kemampuan basic yang harus dimiliki oleh EO.

  1. Perluas Relasi

Relasi sangat penting dalam bisnis, khususnya yang berkaitan dengan EO. Pasalnya, EO secara tidak langsung berhubungan dengan banyak pihak mulai dari konsumen, bintang tamu, penyedia teknis, dan sebagainya. Relasi yang luas akan memudahkan perusahaan saat menggelar suatu acara.

  1. Lengkapi Layanan Perusahaan

Konsumen akan merasa dimudahkan saat perusahaan EO punya layanan yang lengkap. Misalnya, sebuah perusahaan berencana mengadakan gala dinner di sebuah kota. Perusahaan bisa memberikan banyak opsi format acara untuk kepentingan perusahaan tersebut. Usahakan Anda tahu apa kebutuhan konsumen.

  1. Harga Bersaing

Kesuksesan perusahaan juga bergantung dengan harga yang ditawarkan kepada konsumen. Usahakan harga yang ditawarkan mampu bersaing dengan perusahaan lain. Riset akan sangat diperlukan untuk menentukan harga.

  1. Kreatif

Bisnis EO berhubungan dengan trend masyarakat. Agar acara yang digelar menarik, perusahaan harus memiliki sense of creativity. Tidak hanya mampu menarik konsumen, sense of creativity juga akan menunjang keberhasilan event yang digelar oleh perusahaan Anda.

  1. Jaga Reputasi Perusahaan

Dalam bisnis selalu ada masalah yang berpotensi menurunkan reputasi perusahaan. Usahakan meminimalisir risiko yang mampu merusak nama perusahaan. Jaga reputasi perusahaan sebaik mungkin karena berkaitan dengan nama baik ke depannya.

Itulah informasi terkait tips memulai bisnis event organizer. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.