Manfaat Temu Ireng bagi Kesehatan Tubuh, dari Pencernaan hingga Kulit
Ilustrasi temu ireng (Tangkapan layar youtube Berita Kesehatan Tubuh)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tanaman herbal dianjurkan sebagai bahan konsumsi karena memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan. Ada berbagai jenis tanaman herbal yang diolah menjadi minuman hingga bumbu masakan. Salah satunya adalah temu ireng. Namun masih banyak orang yang belum tahu manfaat temu ireng.

Temu ireng atau temu hitam memiliki khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Temu ireng merupakan salah satu jenis empon-empon yang berupa tanaman rimpang. Temu ireng memiliki beragam kandungan, seperti flavonoid, alkaloid, essential oil, kurkumin, dan lainnya.

Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan

Temu ireng biasanya diolah menjadi produk minuman berupa jamu. Jamu dari temu ireng dikonsumsi untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Berikut manfaat dari nutrisi yang terkandung dalam temu ireng. 

Mengatasi Infeksi Bakteri

Temu ireng memiliki kandungan antimikroba yang dapat mengatasi peradangan pada tubuh akibat infeksi bakteri. Salah satunya adalah infeksi pada kulit. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa membebaskan ekstrak tanaman ini di bagian kulit yang terkena infeksi ringan. Penggunaan obat ini secara rutin dapat mempercepat penyembuhan kulit yang mengalami infeksi. 

Melancarkan Haid

Temu ireng juga bermanfaat untuk melancarkan haid pada wanita. Temu ireng memiliki kandungan yang bersifat depuratif. Kandungan ini dapat mendetoksifikasi atau membantu mengeluarkan racun pada tubuh. Mengonsumsi temu ireng dapat memperlancar haid. 

Sumber Antioksidan

Temu ireng dapat menjadi sumber antioksidan alami bagi tubuh. Kandungan dalam temu ireng bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang bisa memicu kerusakan pada sel-sel tubuh sehingga dapat terhindar dari penyakit. 

Menjaga Kesehatan Kulit

Temu ireng juga mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan kulit. Temu ireng memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat menjaga kulit dari radikal bebas dan penuaan dini. Manfaat lain dari temu ireng, yakni dapat mencerahkan kulit. 

Membantu Proses Penyembuhan Luka

Manfaat lain dari temu ireng adalah dapat membantu proses penyembuhan luka. Temu ireng memiliki kandungan antibakteri yang berperan mencegah terjadinya inflamasi pada luka. 

Mengatasi Cacingan

Temu ireng juga bermanfaat untuk mengatasi cacingan. Temu ireng banyak digunakan sebagai obat cacing tradisional. Kandungan senyawa seskuiterpen dalam temu ireng berperan sebagai antelmintik atau anti cacing. 

Mengatasi Kebotakan

Manfaat temu ireng lainnya adalah dapat mengatasi kebotakan. Sebuah penelitian menyebutkan kandungan yang terdapat dalam temu ireng bermanfaat untuk menyuburukan rambut. 

Mengatasi Rematik

Temu ireng juga bermanfaat untuk mengatasi rematik. Temu ireng memiliki kandungan yang bersifat analgesik yang bermanfaat meredakan nyeri akibat rematik. Kandungan antioksidan dalam temu ireng dapat berfungsi meredakan sakit rematik. 

Menjaga Saluran Pencernaan

Manfaat lain dari temu ireng adalah membantu mengatasi masalah pencernaan. Temu ireng mengandung minyak atsiri yang berperan sebagai antimikroba. Kandungan tersebut dapat menangkal bakteri gram positif seperti Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. 

Temu ireng bermanfaat mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit diare dan impetigo karena memiliki kandungan antimikroba. Selain itu, temu ireng juga bermanfaat menjaga kesehatan saluran kandung kemih. 

Itulah beberapa manfaat temu ireng bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi temu ireng secara rutin dapat mencegah berbagai penyakit. Namun jamu dari bahan temu ireng memiliki rasa pahit. Supaya lebih enak dikonsumsi, Anda bisa menambahkan gula jawa atau madu supaya lebih manis.  

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.