Orang Tua, Latih Anak Belajar Sabar dengan 6 Aktivitas Menyenangkan Ini
Ilustrasi (Allen Tayler/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Setiap orang tentu memiliki karakter tersendiri, termasuk anak-anak. Mereka umumnya memiliki karakter unik yang tidak bisa ditebak, bahkan orang tua sering kali dibuat bingung dengan kemauannya.

Misalnya saja suasana hati yang berubah-ubah seiring berjalannya waktu. Hal seperti ini juga termasuk saat memiliki kesabaran yang sulit sekali dikendalikan. Padahal, kesabaran pada anak bisa dilatih sejak usia dini.

Dengan melatih sifat sabar sejak masih kecil, diharapkan nantinya anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang tidak akan memaksakan kehendak atau sesuatu yang diinginkan. Lantas, bagaimana caranya?

Berikut ini VOI telah merangkum enam aktivitas melatih kesabaran anak melalui cara yang baik, melansir Parenting First Cry, Rabu, 16 November.

Membuka kado

Bungkus sebuah benda dengan kertas kado atau kertas koran berlapis dan berikan hadiah tersebut pada anak. Mintalah mereka membuka hadiah tersebut perlahan. Aktivitas Ini akan mengajari mereka kesabaran dengan cara yang menyenangkan.

Membuat kue

Mengajak anak membuat kue juga bisa mengajarinya kesabaran. Mulai dari menakar bahan, memanggang kue, hingga menunggu kue dingin untuk disantap tentu bukan perkara mudah bagi si kecil. Jika mereka mampu menunggu hingga kue bisa dimakan, artinya kesabaran si kecil mulai terlatih perlahan.

Menanam tanaman

Bahkan setelah ditanam, benih membutuhkan waktu untuk tumbuh menjadi tanaman yang cantik. Jika si kecil sabar, mereka akan menuai kerja kerasnya dengan memanen buah atau memetik bunga pada waktunya.

Memancing

Memancing adalah kegiatan yang sangat membutuhkan banyak kesabaran sebab Anda dan anak perlu menunggu hingga ikan memakan umpan. Jika Anda hanya ingin mengajari anak bersabar tanpa melukai ikan, maka hindari penggunaan kail dan lepaskan ikan setelah ditangkap.

Game berdiam diri

Diam adalah emas dan hal terpenting dalam kesabaran. Anda bisa mengatur time dan minta anak untuk diam dan tenang selama yang mereka bisa. Yang paling lama bertahan yang akan menang. Jangan lupa berikan hadiah sebagai imbalannya.

Bermain puzzle

Melatih kesabaran anak juga bisa dilakukan dengan cara mengajaknya bermain puzzle. Pilih puzzle berukuran sedang atau besar untuk menguji kesabarannya. Bekerja keras sebelum melihat hasilnya akan mengajari anak banyak sabar.

Selain itu, cara terbaik memahami hal paling efektif mengajari anak bersabar adalah dengan mengenali apa yang memicu ketidaksabaran mereka.