Efektifkah Vitamin A untuk Mengatasi Jerawat? Ketahui Penjelasan Lengkapnya
Ilustrasi vitamin A untuk jerawat, manfaat vitamin A, makanan yang mengandung vitamin A (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Secara umum, manfaat vitamin A berperan dalam pertumbuhan sel. Itu artinya diasumsikan bermanfaat pula untuk mengatasi jerawat. Terdapat dua jenis vitamin A, yaitu dengan senyawa kerotenoid dari tumbuhan dan retinoid dari hewan.

Retinoid, dikenal sebagai bahan aktif dalam skincare yang berguna mengobati jerawat karena sifat antioksidan dan anti inflamasi yang dapat meningkatkan kesehatan sel kulit. Vitamin A, dengan tujuan tertentu juga bisa didapat dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Dalam pertumbuhannya, sel membutuhkan sokongan agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Jadi, di situlah manfaatnya sebagai antioksidan dalam vitamin A berperan. Vitamin ini melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, memperlambat penuaan sel, dan menjaga kulit tampak lebih muda. Selain itu, vitamin A juga mengurangi kecepatan pengelupasan sel-sel kulit yang berpotensi menjadi penyebab jerawat ketika menyumbat pori-pori.

manfaat vitamin A
Ilustrasi manfaat vitamin A (Freepik/Prostooleh)

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of American Academy of Dermatologi, isotretinoin dapat mengobati jerawat parah. Dilansir Medical News Today, isotretinoin adalah jenis retinoid. Untuk perawatan kulit atau secara spesifik mengatasi jerawat dengan oral, atau obat minum, perlu dipertimbangkan lagi karena berisiko merusak hati. Kerusakan hati karena retinoid disebabkan sel-sel lemak yang diikat vitamin A sehingga menumpuk dan jadi racun.

Secara topikal, retinoid membantu mengurangi peradangan dan bakteri. Obat topikal dengan vitamin A yang mengatasi jerawat direkomendasikan diaplikasikan pada kulit saat malam hari karena membuat kulit sensitif terhadap sinar UV.

Retinoid juga dapat membantu menghilangkan bekas luka jerawat. Dari beberapa bukti dalam penelitian, ditemukan bahwa perawatan dengan skincare yang mengandung retinoid dapat memperbaiki penampilan. Skincare tersebut dapat memudarkan bekas jerawat setelah perawatan selama 24 minggu. Tetapi, menggunakan retinoid bukan cara instan dalam menghilangkan bekas jerawat apalagi jaringan parut. Baiknya, vitamin A dalam memperbaiki sel yang rusak dalam proses yang lama dan rutin dari waktu ke waktu.

makanan yang mengandung vitamin A
Ilustrasi makanan yang mengandung vitamin A (Freepik/Master1305)

Vitamin A, khususnya retinoid topikal tersedia di toko atau apotik tanpa resep. Banyak produk skincare juga yang menawarkan krim anti penuaan dan perawatan jerawat yang mengandung retinoid. Selain itu, suplemen juga banyak tersedia yang diklaim dapat memperbaiki kecantikan kulit.

Kalau Anda menyukai cara alami dalam menjaga kecantikan kulit, mengatasi jerawat, dan bekas jerawat, bisa dengan menu diet yang tinggi vitamin A. Makanan yang kaya vitamin A, antara lain, ikan salmon, ikan herring, hati sapi, telur, produk susu, dan makanan nabati berwarna kuning oranye. Misalnya ubi jalar, wortel, dan labu. Untuk sayuran, Anda bisa mengonsumsi brokoli, bayam, dan lobak.

Saran ahli, jika Anda mempertimbangkan menggunakan vitamin A untuk jerawat harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Kalau menambahkan makanan kaya vitamin A, umumnya aman. Tetapi perawatan oral dan topikal dengan vitamin A untuk mengatasi jerawat, perlu dilakukan sesuai kondisi masing-masing orang.