Kenapa Kucing Selalu Mengikuti Pemiliknya? Ini Alasannya
Ilustrasi kenapa kucing selalu mengikuti pemiliknya (Unsplash/Eberhardgross)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kucing dilekatkan dengan reputasi penyendiri dan introvert daripada anjing. Beberapa pemilik kucing berpendapat bahwa hewan peliharaan kesayangannya ini suka mengikuti ke mana pun beranjak selama di rumah. Lengketnya kucing dengan pemiliknya, ternyata ada alasannya lho. Kalau Anda sering dibuntutii kucing kesayangan selama di rumah, ini alasan kenapa kucing selalu mengikuti pemiliknya.

1. Untuk menunjukkan kasih sayang

Perilaku kucing bisa dikenali lewat bahasa tubuhnya. Untuk kucing yang sejak dua hingga tujuh minggu berinteraksi dengan manusia, mereka akan lebih ramah. Mereka dengan mudah berinteraksi lewat bahasa tubuhnya. Termasuk mengikuti di belakang Anda ke mana pun Anda berpindah ruangan di rumah. Sama halnya dengan kucing liar, mereka akan akrab dengan orang-orang yang secara rutin memberi makan dan merawat koloni kucing liar.

Ketika kucing mengikuti pemiliknya, alasannya karena untuk menunjukkan kasih sayang. Tidak hanya mengikuti, mereka akan menggesekkan kepala atau ekornya pada kaki.

kenapa kucing selalu mengikuti pemiliknya
Ilustrasi kenapa kucing selalu mengikuti pemiliknya (Unsplash/Kristina Yadykina)

2. Untuk mencari perhatian

Kucing suka bermain terutama permainan interaktif atau permainan yang mengasah naluri alamiahnya dalam berburu. Meskipun ada permainan yang dioperasikan dengan baterai, paling disukai kucing adalah permainan yang saling berinteraksi. Seperti tongkat bulu atau penunjuk laser yang memberi kesempatan anabul berlari-larian mengejarnya.

Kucing mengikuti pemiliknya untuk mencari perhatian. Ini juga dipengaruhi oleh nalurinya dalam ‘mengejar’ dan ‘mengintai’. Mereka akan mendapatkan perhatian, seperti dielus atau digendong, ketika mengikuti kaki Anda melangkah di rumah.

3. Untuk minta makan

Selain mengekspresikan dengan mengeong, kucing juga kerap mengikuti pemiliknya kalau minta makan. Melansir The Spruce Pets, Selasa, 4 Oktober, kucing adalah makhluk kebiasaan. Artinya, hidup kucing sesuai jadwal ketika sarapan atau makan malam, misalnya. Kalau Anda biasa bangun siang pada hari libur, kucing akan mengganggu tidur Anda tepat jadwal makan mereka. Sama seperti ketika mereka mengikuti Anda, itu bisa jadi tanda jadwal tertentu dari kebiasaan sehari-hari.

Karena kucing adalah makhluk yang berpatokan dengan kebiasaan, maka tidak disarankan untuk meninggalkan makanannya seharian di tempat makannya. Ini akan merusak jadwal mereka dan juga mengganggu mereka memahami kebiasaan di rumah Anda.

4. Ingin berada didekat Anda

Meskipun kucing adalah hewan penyendiri, tetapi perlu dipahami bahwa mereka bukanlah pertapa yang menghindari interaksi. Bahkan kucing liar akan berkoloni, tujuannya untuk berdekatan atau berinteraksi satu sama lain.

Kalau Anda diikuti kucing, mungkin alasannya karena ingin berada didekat Anda. Bisa juga karena mereka ingin berinteraksi dengan orang terdekat di rumah. Perlu pula dipahami, ada banyak alasan yang tak diketahui secara pasti kenapa kucing selalu mengikuti pemiliknya. Tetapi yang pasti, mereka memiliki ikatan dengan pemiliknya.