Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat
Ilustrasi jus penurun kolesterol (Sophkins/Pixabay).

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kolesterol merupakan salah satu jenis lemak yang bermanfaat untuk tubuh. Akan tetapi, kolesterol bisa menimbulkan masalah kesehatan jika kadarnya terlalu tinggi. Sebelum kita membahas jus penurun kadar kolestrol mari kita bahas sedikit terkait dengan kolestrol yang tinggi.

Kadar kolesterol total di dalam darah tidak boleh lebih dari 200 mg/dl. Apabila kadarnya melebihi angka tersebut, Anda wajib berhati-hati sebab, kolesterol yang melebihi batas normal dapat menumpuk di pembuluh darah dan membentuk plak yang dapat menyumbat pembuluh darah.

Penyebab Kolesterol

Pola hidup kurang sehat

  1. Pola hidup yang kurang sehat ini seperti kebiasaan mengonsumsi makanan lemak jenuh secara berlebihan.
  2. Malas berolahraga yang menjadikan bada stress
  3. Minum-minuman beralkohol

Dari pola tersebut juga bisa membuat seseorang terkena obesitas yang membuat juga kadar kolesterol tidak terkontrol.

Penyakit tertentu

beberapa jenis penyakit seperti diabetes, hipertiroidisme, gagal ginjal kronis, dan HIV/AIDS juga turut menjadi penyebab kenaikan kadar kolesterol dalam darah.

Faktor keturunan

Mutasi gen yang diturunkan dari orang tua dapat membuat tubuh kesulitan mengatasi kadar kolesterol berlebih dalam darah. Meskipun demikian ini masih dapat dikontrol dengan pola hidup yang bagus.

Apabila kadar kolesterol sudah melebihi batas normal, jangan panic anda bisa menurunkanya dengan jus dari buah buahan yang dapat menjadi obat alami penurun kolesterol paling cepat.

Simak ulasan 7 Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat 

Diurutkan dari yang termudah didapat dari toko buah dan terjangkau tentunya buah yang kami bahas akan membuat anda lega. Hal tersebut karena buah buah yang kami bahas sangatlah terjangkau bagi siapapun

Jus jeruk

Kabar baik bagi anda yang mengalami kenaikan kolesterol, ternyata buah ini dapat menjadi penyembuh untuk kolesterol tinggi. Buah yang mudah di dapat dengan mudah di toko buah terdekat. Setidaknya sediakanlah selalu buah jeruk di dalam simpanan buah harian anda.

Jus jeruk tanpa gula adalah salah satu minuman penurun kolesterol tercepat. Tak hanya itu, jus jeruk juga kaya akan vitamin sehingga membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Jus jeruk baik diminum oleh penderita kolesterol karena bebas lemak dan sodium. Di sisi lain, jus jeruk kaya akan vitamin dan mineral. Minum jus jeruk bisa menurunkan kadar kolesterol LDL di dalam tubuh.

Jus Tomat

Murah dan mudah didapat serta cepat untuk dibuat itulah jus tomat. Jus yang efektif menurunkan kadar kolesterol karena buah tomat mengandung senyawa likopen yang dapat meningkatkan kadar lipid serta menurunkan LDL. Hal tersebut telah menjadi bahan penelitian para ahli bahwa likopen dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Melalui penelitian kesehatan yang melibatkan 25 responden wanita berusia 25 hingga 30 tahun dengan indeks massa tubuh sebesar 20. Melakukan konsumsi 280 ml jus tomat terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Jus Apel

Kabar gembira bagi pecinta buah apel. Buah yang dapat menurunkan kadar kolesterol yang mengandung pectin.Pektin sendiri adalah serat larut yang ditemukan di dalam berbagai buah dan sayur. Senyawa ini dapat membersihkan arteri seseorang dan menurunkan kadar kolesterolnya.

Cocoknya buah apel adalah dimakan sebelum tidur atau setelah makan – makanan berlemak. Tentunya ini akan membantu melakukan filter lemak dan kolesterol dalam tubuh. Badan anda akan lebih seimbang dengan buah ini.

Jus Wortel

Konsumsi jus wortel tak hanya baik untuk kesehatan mata, namun juga baik untuk menjaga kestabilan kadar kolesterol dalam darah.

Hal tersebut dikarenakan, dalam wortel terkandung potassium dalam jumlah yang tinggi. Senyawa ini membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh, memecah dan memanfaatkan karbohidrat, serta membangun protein.

Jus wortel bisa dikonsumsi tanpa tambahan apapun atau dikombinasikan dengan sayur dan buah-buahan agar rasanya lebih segar.

Selajutnya Jus Beri

Buah beri mengandung antioksidan dan serat dalam jumlah yang tinggi sehingga dapat membantu mengirangi kadar kolesterol berlebih di dalam tubuh. Seseorang bisa mengonsumsi buah beri dengan dibuat jus.

Jus Delima

Buah delima mengandung antioksidan yang lebih tinggi ketimbang buah lainnya. Konsumsi jus delima bermanfaat untuk melindungi jantung, termasuk menurunkan kolesterol LDL.

Jus Kale

Kubis keriting atau kale tidak hanya cocok dijadikan sebagai hidangan pelengkap nasi, namun juga bisa diolah menjadi jus penurun kolesterol paling cepat. Dalam kale terkandung antioksidan dan karotenoid yang berfungsi menghilangkan radikal bebas penyebab pengerasan pembuluh darah. Meminum jus kale secara rutin dapat membantu asam empedu mengikat kolesterol berlebih dan membuangnya dari tubuh.

Selain dari tujuh buah tersebut ada juga buah Alpukat, Pir, Anggur, Stroberi tentunya empat buah tersebut juga tidak kalah dalam menurunkan kadar kolesterol manusia. Hanya saja itu alternative lainya yang bisa anda konsumsi. Tentunya mengkonsumsi buah adalah sesuatu yang baik, buah apapun itu untuk kebutuhan serat manusia.