6 Daftar Tanaman Hias Termahal, Kamu Punya Salah Satu?
Ilustrasi (Pixabay/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Mengoleksi tanaman hias pada saat ini tidak hanya sekadar menjadi hiasan atau dekorasi untuk rumah. Sebab, mengoleksi tanaman hias sudah menjadi komoditas untuk meningkatkan gengsi. Tapi, ini berlaku pada tanaman hias yang memiliki nilai jual tinggi. Jadi, apabila Anda tertarik dengan jenis tanaman hias yang mahal, maka ada beberapa jenis tanaman yang bisa dikoleksi. Dikutip dari laman web The Spruce, Jumat, 9 September, berikut ini lima jenis tanaman hias mahal yang paling dicari.

Ara Biola

Di hutan, Ara Biola (ficus lyrata) dapat tumbuh subur hingga mencapai tinggi 1,5 meter. Sedangkan jika dirawat dengan tepat, tinggi tanaman ini bisa mencapai 30 sentimeter dalam ruangan. Dedaunannya yang khas disukai banyak desainer interior. 

Tanaman Ara Biola sangat sensitif terhadap kualitas udara. Untuk itu, Anda perlu tempatkan humidifier di dekat Ara Biola. Tanaman ini tak bisa tumbuh subur di daerah kering. Terlalu banyak atau terlalu sedikit sinar matahari ikut berdampak pada kualitas hidup tanaman ini.

Karena perawatannya yang ribet, membeli Ara Biola merupakan tantangan dan dibutuhkan komitmen yang besar untuk merawatnya. Kecuali jika Anda adalah seorang professional. Tanaman ini dibanderol dengan harga Rp7,4 juta.

Philodendron Birkin

Philodendron Birkin sangat banyak peminatnya, karena memiliki bentuk dan corak daun yang begitu menggoda mata. Tampilan daun Philodendron Birkin didominasi oleh warna hijau yang diisi dengan corak garis berwarna putih kekuningan.   Ketika usia Philodendron Birkin semakin tua, maka warna putih pada daunnya juga akan semakin meluas. Untuk harganya, Philodendron Birkin memiliki banderol di antara Rp 500.000 hingga Rp 2 juta.

Hoya Compacta

Hoya Compacta menjadi tanaman hias termahal selanjutnya. Hoya Compacta sering ditempatkan dalam wadah yang menggantung, hal ini mengingat tanamannya termasuk tanaman merambat. Selain itu Hoya Compacta cocok jadi hiasan dalam ruangan, karena termasuk tanaman indoor. Tanaman ini memiliki warna krem atau kuning di bagian dalam daunnya. Harga Hoya Compacta berkisar antara Rp500 ribu hingga Rp7 juta.

Bonsai Pinus

Bonsai pinus tua termasuk tanaman hias yang mahal di dunia. Tanaman bonsai merupakan tumbuhan kerdil, diperoleh dengan menanamnya dalam pot dengan cara tertentu. Tanaman bonsai juga dipahami sebagai tanaman yang dikerdilkan. Bonsai pinus tua dapat berusia berabad-abad. Selain itu, bonsai pinus tua dijual seharga sekitar Rp650 ribu hingga Rp100 juta. Di Jepang, harga Bonsai Pinus sekitar Rp18 miliar.

Philodendron Minima Variegata

Philodendron Minima Variegata juga dikenal sebagai mini Monstera atau Piccolo. Tanaman ini dapat berfungsi untuk membersihkan udara di ruangan. Philodendron Minima memiliki daun yang berwarna hijau atau kuning mengkilap. Spesies ini dijual dengan harga Rp11 juta pada Agustus 2020 dalam Trade Me (situs pelelangan).

Philodendron Pink Princess

Tanaman ini memiliki daun berwarna hijau tua dengan bercak pink di atasnya. Tinggi tanaman ini hanya berkisar 10 hingga 20 sentimeter. Tanaman hias ini berhasil menarik perhatian dan populer pada tahun 2019. Philodendron pink princess kecil dijual dengan harga 10 juta.