Orang Tua Harus Tahu, Anak-Anak yang Menekuni Hobi akan Lebih Fokus pada Hal Positif
Ilustrasi manfaat hobi bagi anak-anak (Unsplash/Jose Gonzales)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Anak-anak pada masa pertumbuhan perlu didukung oleh orang tuanya. Salah satu yang perlu diketahui oleh orang tua, pada usia kanak-kanak, mengembangkan minat berkaitan dengan menciptakan identitas lebih kuat. Mengembangkan minat bisa dengan menekuni hobi tertentu.

David Schwartz, LMFT., terapis pernikahan dan keluarga yang berbasis di California, mengatakan bahwa ada tiga alasan kenapa orang tua wajib mendukung hobi anak-anaknya. Pertama, anak-anak menemukan hal-hal milik mereka. Kapan pun seorang anak menemukan sesuatu yang mereka miliki dan cintai, itu adalah hal baik. Ini dapat membantu anak-anak fokus pada sesuatu yang positif dan menyita waktu serta energinya.

Melansir Psychology Today, Kamis, 11 Agustus, mengembangkan minat melalui hobi dapat membantu anak-anak menghindari jebakan narkoba, alkohol, vaping, dan hal negatif lainnya. Dengan menekuni hobinya, mereka dapat mencurahkan energi untuk hal-hal yang bisa mereka nikmati.

manfaat hobi bagi anak anak
Ilustrasi manfaat hobi bagi anak-anak (Unsplash/Robert Collins)

Alasan kedua kenapa anak-anak perlu menekuni hobi, karena hobi dapat melindungi mereka dari kebosanan. Bahkan mereka lebih jeli dengan pilihan yang buruk. Ini berkaitan dengan imajinasi dan daya pikir mereka, anak-anak yang menekuni hobi dapat tetap fokus pada kegiatan tersebut dan jauh dari gangguan yang mengarah pada keputusan yang buruk.

Hobi membuat anak-anak lebih terarah, tulis Schwartz. Dengan begitu mereka jauh dari kerentanan atau sifat buruk yang ditawarkan kepada mereka. Meski tak ada jaminan pasti, namun orang tua perlu memiliki pengetahuan tentang apa yang dilakukan anak-anaknya. Setelah orang tua memastikan bahwa kegiatan tersebut aman, minat dan gairah anak bisa ditekuni sebagai kegiatan positif dalam hidup mereka.

Ketiga, anak-anak memiliki keinginan untuk memiliki sesuatu yang hanya milik mereka dan bukan milik orang tua mereka. Artinya, hobi membantu anak-anak membangun identitas mereka sendiri. Pembentukan identitas ini membantu menjelaskan mengapa hampir setiap generasi pencinta musik menemukan genre musik baru yang menarik bagi mereka.

Berkaitan dengan hal di atas, memberi anak kebebasan untuk memilih kegiatan, hiburan, dan musik membantu mereka merangsang pikiran dan memiliki sesuatu untuk membuat mereka bersemangat. Pada intinya, seringkali orang tua tidak memahami keinginan anak mereka untuk menekuni sesuatu. Mungkin dianggap tidak masuk akal, namun karena menekuni hobi, mereka bisa membangun relasi sosial, imajinasi, dan kenangan masa kecil yang berharga.