Daftar Suplemen untuk Kesehatan Perempuan Usia 30-an
Ilustrasi (Simone Van Der Koelen/Unsplash)

Bagikan:

ACEH - Wanita berusia 30-an tahun harus menyiapkan berbagai hal, salah satunyanya adalah kesehatan. Berbagai hal bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan, seperti pola makan sehat dan gaya hidup sehat. Selain itu, ada suplemen untuk kesehatan yang bisa dipertimbangkan untuk menambah asupan yang dibutuhkan tubuh. 

Wanita punya kebutuhan nutrisi yang sedikit dengan pria. Kebutuhan tersebut bisa berubah mengikuti tahap kehidupan wanita. Cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral adalah mengonsumsi makanan sehat secara seimbang. Namun, jika asupan dari makanan utuh dirasa kurang, suplemen bisa menjadi pilihan. 

Dikutip VOI dari Times Now News, Rajeswari Shetty, Kepala Dietetika Rumah Sakit SL Raheja Mahim - A Fortis Associate dari Mumbai, India, menjelaskan bahwa wanita berusia 30-an sangat perlu memberikan perhatian penuh saat memilih suplemen vitamin. 

Vitamin dan suplemen bisa membantu meningkatkan kualitas kesehatan wanita usia 30-an, mulai dari mencegah anemia saat haid atau melahirkan, serta keseimbangan hormon. Namun, Anda tetap harus berhati-hati mengenai penggunaannya, berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi. Berikut suplemen yang baik dikonsumsi wanita usia 30-an.

Suplemen untuk Kesehatan Perempuan Usia 30-an

Vitamin C dan Vitamin E untuk antioksidan

Vitamin C dan E adalah antioksidan yang hebat dan membantu menjaga kesehatan kulit. Vitamin C mendukung sistem kekebalan dan membuat kulit awet muda karena mendorong pembentukan kolagen. Vitamin C juga membantu menyerap zat besi. 

Vitamin C dan E mengandung sifat antioksidan karena itu banyak orang juga mengoleskan minyak vitamin E pada luka kulit untuk membantu mencegah bekas luka atau mempercepat proses penyembuhan.

Kalsium dan Vitamin D untuk kesehatan tulang

Vitamin D adalah vitamin penting bagi wanita di usia 30-an. Berperan penting dalam membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan, vitamin D sangat mendukung kesehatan tulang. Asupan vitamin D bersama dengan kalsium akan menjaga kesehatan tulang. Sebenarnya vitamin D tersedia di alam dan mudah kita dapatkan, apalagi kita hidup di negeri tropis, di mana matahari bersinar sepanjang hari.

Sinar matahari menghasilkan sinar UV yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Lantas kapan waktu yang tepat untuk mendapatkan manfaat sinar matahari dan vitamin D? Berbagai penelitian menganjurkan untuk berjemur selama 15 menit sebelum pukul 10.00, setidaknya dua hingga tiga kali seminggu. Namun, jika Anda lebih banyak berkegiatan di dalam ruang. Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin D yang kini banyak di pasaran. 

Vitamin B untuk energi dan suasana hati

Berbagai kelompok vitamin B merupakan faktor pendukung yang penting untuk tubuh. Vitamin B tidak hanya menjadi sumber energi, tapi juga sangat penting untuk mengangkat suasana hati dan mencegah depresi. Vitamin B atau Asam folat ini juga penting bagi wanita yang merencanakan kehamilan dan mereka yang sedang hamil. Vitamin B bertindak sebagai bahan penting dalam vitamin prenatal.