Mengenal Nutrisi untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak
Ilustrasi nutrisi penting untuk kecerdasan anak (iStockphoto)

Bagikan:

ACEH - Makanan tak hanya menjadi alan untuk menjaga anak tetap sehat dan berenergi. Asupan nutrisi dari makanan juga berpengaruh terhadap kecerdasan anak. Ada beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkat kecerdasan anak yang bisa didapatkan dari makanan.

Dikutip VOI dari Tutor Doctor, otak hanya mengambil 2 persen dari massa tubuh. Dengan kata lain, yang dibutuhkan otak untuk bekerja terbilang kompleks. Otak tak hanya karbohidrat, tetapi juga protein, vitamin, dan mineral. Demi meningkatkan kecerdasan anak dan meningkatkan fungsi memori, ada beberapa nutrisi yang penting untuk dipenuhi. 

Nutrisi untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

1. Glukosa

Glukosa yang dinilai paling menyehatkan otak berasal dari makanan berbahan biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Makan teratur dengan menu makanan yang tepat bisa membuat anak-anak lebih mudah berkonsentrasi dan mengingat sesuatu. Sumber glukosa yang perlu dihindari adalah permen, soda, dan produk yang mengandung gula rafinasi.

2. Vitamin B

Keluarga vitamin B, yang berasal dari sayuran berdaun hijau, sangat disukai otak. Anda bisa membuat rencana menu harian untuk buah hati dengan bahan telur organik, beras merah, kacang-kacangan. Sedangkan sayur bayam, kangkung, dan kubis mengandung vitamin B6, B12, zat besi, dan folat yang baik untuk otak.

3. Zat besi

Menurut studi yang dipublikasikan dalam Nutrition Reviews dilakukan tahun 2017, menunjukkan bahwa zat besi protein memegang peran penting dalam fungsi otak normal dan membangun sel otak, termasuk neurogenesis, myelination, synaptic, energi, dan metabolisme neurotransmitter.

Untuk asupan buah hati, Anda bisa mengolah menu berbahan daging merah terutama hati dan sayuran seperti bayam, asparagus, kacang polong, kangkung, dan bit.

4. Omega 3

Makanan yang mengandung asam lemak omega 3, sangat baik untuk kesehatan otak. Anak-anak tentu menyukai makanan yang diolah secara sederhana namun perlu dikreasikan agar bisa diterima. Misalnya makanan dari ikan, salmon liar, kacang kenari, dan biji chia.

5. Antioksidan

Antioksidan bermanfaat tidak hanya untuk otak. Tetapi juga menjaga kesehatan secara keseluruhan. Dalam buah beri, misalnya, sifat antioksidan bermanfaat meningkatkan otak.

6. Magnesium

Nah, untuk memperkaya menu sekaligus mendukung kecerdasan otak anak, Anda bisa mengolah jenis makanan yang mengandung magnesium. Seperti kentang tanpa dikupas, yoghurt, keju, tahu, ikan, lentil, dan bayam.

7. Luteolin

Luteolin merupakan senyawa pada tanaman yang membantu mengurangi efek penuaan pada otak. Selain itu, wortel dan toman yang tinggi kandungan luteolinnya membantu meningkatkan kekuatan otak. Ditambah lagi, berperan meningkatkan ketajaman memori.

Itulah ketujuh nutrisi yang dibutuhkan anak untuk mengembangkan prestasinya. Anda bisa mengolahnya secara kreatif agar anak tidak malas makan dan makan secara teratur.

Artikel ini telah tayang dengan judul 7 Nutrisi Penting untuk Anak yang Membantu Tingkatkan Kecerdasan Otak.

Selain nutrisi untuk tingkatkan kecerdasan anak, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.

Terkait