Ibu di Brebes Tega Bunuh Anak Kandung Karena Tekanan Hidup, Ini 6 Hal yang Bisa Suami Lakukan untuk Bantu Pasangan Atasi Depresi
Ilustrasi (Laflor/istockphoto)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang ibu di Desa Tonjong, Kecamatan Tonjong, Brebes, Jawa Tengah tega menganiaya tiga anaknya sendiri pada Minggu, 20 Maret 2022. Akibatnya, satu dari tiga anak meninggal dunia di tempat sedangkan dua lainnya dalam perawatan intensif di rumah sakit. Motif kekerasan dilakukan karena sang ibu mengalami depresi akibat beban ekonomi.

Menjalani peran sebagai istri sekaligus ibu bukan perkara mudah. Apalagi jika sang istri juga dituntut untuk menanggung ekonomi keluarga. Saat istri mengalami depresi, peran suami sangat membantu dalam mengatasinya. Melansir Psycom, Selasa 22 Maret, berikut 6 cara membantu pasangan dalam mengatasi depresi.

Kenali penyebab depresi pasangan

Langkah pertama yang penting dalam membantu pasangan mengatasi depresi adalah memahami penyebab dan gejala depresi pasangan. Gejala depresi dapat bervariasi dan berubah seiring waktu. Anda tentu dapat membaca tentang depresi dan berkonsultasi dengan ahli untuk informasi lebih lanjut. Tapi, cara terbaik memahami apa yang dirasakan pasangan yaitu ajak komunikasi dan dengarkan keluhan pasangan dengan seksama.

Selalu ada untuk pasangan

Suami mungkin merasa bahwa cara terbaik membantu istri mengatasi depresi adalah dengan menemukan psikolog terbaik atau ragam bantuan pengobatan. Sayangnya, mereka sering lupa kalau hal terbaik yang bisa suami lakukan dalam membantu istri depresi yaitu selalu ada untuknya. 

Tak apa jika Anda tak memiliki jawaban atas masalahnya. Anda cukup diam dan dengarkan semua keluhan istri. Berikan beberapa sentuhan kecil seperti memegang tangan saat ia bercerita atau tawarkan pelukan, sudah sangat membantu. Atau tanggapi curhatannya dengan pernyataan-pernyataan yang membesarkan hati seperti

“Katakan apa yang bisa aku lakukan untuk membantu."

"Kamu penting bagiku."

"Aku disini Untukmu."

"Kita akan melewati ini bersama-sama."

Tunjukkan cinta dan kasih sayang tanpa pamrih

Cinta memiliki kekuatan untuk menyembuhkan segalanya. Bila pasangan Anda sedang mengalami hari yang buruk, beri tahu mereka bahwa Anda peduli dengan menunjukkan lebih banyak cinta. Mungkin akan terasa lebih sulit untuk melakukan hal ini saat mereka sedang kambuh dan melampiaskan negativitasnya pada Anda, tapi justru di saat inilah mereka sangat membutuhkan cinta.

Ajak istri menemui dokter

Orang dengan tingkat depresi parah biasanya menunjukkan gejala-gejala yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, gejala yang dirasa sering diabaikan dan tak dianggap sebagai gejala depresi.

Berurusan dengan pasangan yang depresi dan dalam penyangkalan memang tidak mudah. Tapi, dengan tidak mengatasi masalah ini, pasangan Anda akan terus sakit atau malah memburuk, atau bahkan bunuh diri, sehingga Anda pun merasakan imbasnya juga. Depresi tidak bisa disembuhkan tanpa perawatan intensif. Agar Anda bisa memulai proses penyembuhannya seoptimal mungkin, dekati pasangan Anda dengan perhatian dan dengan rencana matang.

Ciptakan lingkungan rumah yang mendukung

Penting untuk diingat bahwa istri depresi bukanlah kesalahan siapa pun. Meski suami tak bisa sepenuhnya mengobati masalah depresi istri, tapi dukungan Anda akan membantu pasangan mengatasi masa sulit ini.

Bahkan jika mereka mencoba sekeras mungkin untuk menyingkirkan Anda (ini umum bagi pasien depresi untuk melakukannya), Anda harus terus mendukungnya. Sangat mudah bagi penderita depresi untuk melupakan bahwa mereka memiliki dukungan di sekitar mereka, terutama saat mereka berada dalam keadaan depresi. Selama masa ini, Anda harus mengingatkan mereka akan dukungan Anda.

Temukan konselor kesehatan mental untuk kalian berdua

Pasangan Anda membutuhkan cinta, dukungan, dan Perhatian Anda. Tapi kesemua kualitas penting ini tidak bisa menyembuhkan depresi sama sekali. Gunakan cinta Anda untuk mendapatkan pertolongan medis yang tepat dan untuk mengingatkan pasangan Anda bahwa dirinya berharga dan dicintai oleh orang lain di sekitarnya.