Bisa Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami, Seduh 5 Racikan Teh Ini
Ilustrasi mengobati sakit tenggorokan secara alami (Freepik/Jcomp)

Bagikan:

JAKARTA – Rasa gatal, sakit, dan iritasi pada tenggorokan kerap mengganggu. Terutama ketika menelan minuman atau makanan rasanya sakit. Sakit tenggorokan yang bukan merupakan gejala penyakit serius, kerap pula membuat Anda tidak bisa tidur nyenyak. Namun, tak perlu khawatir karena bisa diobati dengan cara sederhana. Berikut racikan teh herbal yang bisa membantu mengatasi gatal, sakit, dan gejala sakit tenggorokan.

1. Madu

Madu sering diminum bersama bahan lain, seperti susu ataupun jus. Ketika sakit tenggorokan, Anda bisa meracik teh madu yang umumnya bisa menenangkan ketika sakit tenggorokan.

Sebuah studi dilansir Healthline, Senin, 7 Februari, madu lebih efektif menjinakkan batuk malam hari daripada menyembuhkan batuk biasa. Penelitian ini menunjukkan bahwa madu efektif menyembuhkan luka dan mempercepat pulih dari penyakit.

2. Teh chamomile

Teh yang dikenal memberi efek relaksasi ini telah lama digunakan untuk tujuan pengobatan, salah satunya menenangkan penyakit tenggorokan. Dalam bunga chamomile mengandung anti-inflamasi, antioksidan, dan merangsang sistem kekebalan tubuh.

Beberapa penelitian diulas, hasilnya bahwa menghidupr uap chamomile dapat membantu meredakan gejala pilek, termasuk sakit tenggorokan.

mengobati sakit tenggorokan secara alami
Ilustrasi teh chamomile mengobati sakit tenggorokan secara alami (Unsplash/Sheelah Brennan)

3. Peppermint

Peppermint mudah dijumpai dalam produk-produk permen penyegar napas. Bahkan bahan kumur mulut juga menggunakan ekstrak peppermint untuk tujuan yang sama. Peppermint mengandung mentol, jika dibuat the bisa membantu mengencerkan lendir, meredakan sakit tenggorokan, dan batuk.

Peppermint bersifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antivirus sehingga meningkatkan ketahanan tubuh melawan infeksi. Anda bisa menyeduh daun peppermint kering, bisa dicampurkan dengan madu.

4. Akar marshmallow

Berbeda dengan marshmellow yang biasa menghias cake atau camilan manis menggemaskan. Marshmallow merupakan tanaman herbal yang bisa membantu mengobati sakit tenggorokan. Tanaman dengan nama botani Althaea officinalis yang getahnya bisa jadi bahan produk marsmellow manis. Tetapi tidak semua produsen menggunakan getah tanaman herbal ini sebagai bahan.

Akar dari marshmallow bisa diseduh untuk mengobati sakit tenggorokan. Namun orang dengan diabetes harus konsultasi pada dokter jika memanfaatkan akar tanaman herbal ini.

5. Bawang putih

Racikan terakhir ini lebih tepat dibarengi dengan menu makan Anda. Bawang putih, terbukti secara ilmiah membantu melawan infeksi. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen bawang putih secara teratur dapat membantu mencegah virus flu biasa. Anda dapat menambahkan bawang putih segar dalam makanan, atau membuatnya menjadi lalapan.

Sakit tenggorokan bisa jadi merupakan gejala penyakit yang lebih serius. Umumnya, sakit tenggorokan yang merupakan gejala infeksi ringan bisa diatasi dengan cara-cara rumahan seperti minum racikan teh di atas. Namun apabila tidak segera teratasi, ada baiknya periksakan diri ke dokter.