Agar Hubungan Langgeng, Begini Tips Menjalani LDR dengan Pasangan
Ilustrasi (Rodnae Production/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Long Distance Relationship dapat menjadi tantangan dalam suatu hubungan. Namun, LDR dapat tetap berhasil dengan komunikasi yang jujur dan terbuka, walaupun frekuensi perjumpaan dan kontak fisik sangat kurang.

Berikut adalah kiat-kiat agar Anda dapat tetap nyaman dan bahagia menjalankan LDR bersama pasangan, melansir laman Time, Selasa, 18 Januari.

Saling percaya

Kepercayaan pada satu sama lain adalah pondasi dari hubungan LDR yang kuat dan langgeng. Mulailah dengan meyakini bahwa ia juga menaruh kepercayaan terhadapmu.

Komunikasi yang baik

Komunikasi adalah kunci, terlebih dalam hubungan LDR. Komunikasi yang menggunakan perantara seperti laptop atau gawai akan menimbulkan lebih banyak kesalahpahaman daripada komunikasi tatap muka.

Jadikan LDR sebagai sebuah “ujian"

Berhentilah berpikir bahwa LDR adalah sebuah hambatan yang harus disingkirkan dalam hubungan Anda. Mulailah mengadopsi mindset ini: Anda yang kuat menghadapi LDR bersama pasanganmu juga akan membuat hubungan itu lebih kuat lagi.

Lakukan aktivitas bersama meski berjauhan

Hanya karena Anda secara fisik tidak berada di tempat yang sama dengan pasangan, bukan berarti kalian tak bisa sama-sama bersenang. “Rencanakan nonton film bersama melalui Skype di mana Anda dapat menonton film yang sama bahkan ketika Anda berada di tempat yang berbeda,” saran Gandhi, pendiri Smart Dating Academy.

Netflix, atau layanan streaming lainnya, semakin memudahkan Anda untuk menonton film bersama pasangan. Gandhi juga merekomendasikan untuk bermain permainan online bersama-sama, dan mendiskusikan hasilnya untuk memicu percakapan baru dan menarik.

Buat rencana menyenangkan

Agar tidak jenuh, coba buat rencana apa saja yang ingin dilakukan setelah Anda dan pasangan bertemu nanti. Misalnya, rencana menghabiskan akhir pekan bersama, membuat ritual menyenangkan tiap malam, mencoba restoran baru, atau nongkrong di tempat seru. Semua aktivitas ini dapat menciptakan kehangatan bagi satu sama lain.

Gandhi juga menyarankan untuk menjadwalkan rutinitas “video call malam” menggunakan pakaian tidur untuk membangkitkan perasaan tidur bersama.