Tanaman Agapanthus Tidak Berbunga, Ternyata 5 Hal Ini Penyebabnya
Ilustrasi tanaman agapanthus ungu tidak berbunga (Unsplash/Stan Slade)

Bagikan:

JAKARTA – Tanaman bunga agapanthus dikenal dengan bunga cinta. Di Indonesia populer mendapat sebutan bunga bakung biru. Tanaman ini memiliki nama ilmiah Agapanthus africanus yang kerap disebut sebagai Lily of the Nile.

Tanaman agapanthus bisa tumbuh di daerah yang sejuk namun tetap membutuhkan cahaya matahari untuk subur bertumbuh. Tetapi jika tak tepat dalam perawatannya, bunga agapanthus juga enggan berbunga warna ungu bersemu putih.

Bunga agapanthus disebut sebagai bunga cinta, seperti asal katanya. Agapanthus berasal dari bahasa Yunani, agave yang berarti cinta dan anthus artinya bunga. Tak elak, namanya dan simbolnya erat dengan bunga cinta.

Apabila Anda merawat bunga agapanthus, ini penyebanya tanaman berbatang panjang enggan berbunga.

1. Tidak berbunga di tahun pertama

Dilansir Gardening Know How, Selasa, 11 Januari, tanaman agapanthus akan berbunga hingga pada waktunya. Pada tahun pertama, mungkin Anda butuh bersabar untuk menunggu proses pembungaannya. Seringnya, pada tahun pertumbuhannya agapanthus tidak mekar.

2. Kurang sinar matahari

Bagi tanaman, sinar matahari berperan besar dalam proses pembungaan. Jika agapanthus Anda tidak mekar, mungkin butuh sinar matahari lebih karena agapanthus membutuhkan seenggaknya terpapar matahari selama 6 jam setiap harinya.

Meskipun membutuhkan sinar matahari, hati-hati ketika meletakkan tanaman ini. Agapanthus tidak bisa tumbuh maksimal jika terpapar matahari panas siang hari. Artinya, letakkan di tempat yang sejuk yang terpapar matahari pagi serta sore hari.

3. Perlu repotting

Tujuan repotting tanaman adalah memperbarui media tanam dengan nutrisi maksimal. Selain itu, untuk memecah akarnya supaya tidak terlalu padat. Termasuk tanaman agapanthus yang tidak suka tumbuh dalam pot dengan akar penuh. Maka, periksa pertumbuhan akarnya ketika sudah tumbuh lebih dari 1 tahun tetapi belum berbunga.

Jika akar terlalu penuh, maka lakukan repotting. Perlu diperhatikan, agapanthus perlu repotting setidaknya pada tahun keempat hingga kelima. Memindahkan tanaman jika terlalu muda, juga tidak akan membuat tanaman ini kuat terutama pada musim tanam pertama.

4. Penyiraman yang keliru

Agapanthus merupakan tanaman yang tidak membutuhkan banyak air setelah setahun tanam. Tetapi Anda perlu memperhatikan kelembapan tanah secara tepat. Ketika cuaca panas, siram tanahnya setelah merasakan tanahnya kering. Pada musim penghujan, Anda hanya cukup menyiraminya ketika tanaman ini merasa haus yang ditandai dari media tanamnya.

5. Membutuhkan pupuk

Cara membuat tanaman agapanthus mekar, ialah memberikannya pupuk. Tetapi waspadai, tanaman berbunga indah ini tidak membutuhkan pupuk terlalu banyak. Cobalah memberi nutrisi dari pupuk cair dua kali sebulan pada musim semi. Setelah mulai pembungaan, kurangi menjadi sebulan sekali. Pemupukan perlu dihentikan saat tanaman bunganya mulai mekar.