10 Camilan Sehat Mengandung Antioksidan yang Baik untuk Kesehatan
Ilustrasi camilan makanan sehat yang mengandung antioksidan (Unsplash/Mgg Vitchakorn)

Bagikan:

ACEH - Beberapa makanan mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan selama dikonsumsi dalam porsi yang tepat. Antioksidan merupakan bahan kimia alami dalam makanan yang mampi membantu tubuh memerangi radikal bebas. Beberapa camilan sehat juga mengandung antioksidan.

Menurut Nicole Hopsecger, dietisian berlisensi, dikutip VOI dari Cleveland Clinic Health, radikal bebas bisa merusak sel tubuh dengan mengubah DNA sel atau mengubah membran sel. Interaksi antara radikal bebas dengan tubuh disebut stres oksidatif. Ini sering dianggap sebagai penyebab peningkatan risiko penyakit kronis.

Selain dari makanan, antioksidan juga diproduksi oleh tubuh. Hopsecger mengatakan, antioksidan tunggal mungkin tidak mampu bekerja dengan baik tanpa dukungan nutrisi lainnya. Pada intinya, setiap orang butuh variasi makanan terutama yang mengandung antioksidan.

Lantas makanan apa saja yang bisa jadi camilan Anda ketika bersantai plus mendukung perlawanan menangkal radikal bebas?

Beberapa Camilan Sehat Mengandung Antioksidan untuk Tubuh

Dalam sebuah studi kolaborasi tahun 2010 yang dipublikasikan dalam Nutrition Journal mencatat terdapat kandungan antioksidan dalam lebih dari 3.100 makanan, minuman, rempah-rempah, herbal, dan suplemen yang digunakan di seluruh dunia. Berdasarkan studi tersebut, 10 diantaranya bisa Anda jadikan camilan dengan jumlah antioksidan dalam 100 gram untuk menjaga kesehatan Anda.

  1. Kacang tanah panggang : 2,0 mmol/100 gram
  2. Biji bunga matahari : 6,2 mmol/100 gram
  3. Roti gandum panggang : 0,6 mmol/100 gram
  4. Roti gantum utuh panggang : 1,0 mmol/100 gram
  5. Kacang kenari : 21,9 mmol/100 gram
  6. Jagung : 0,6 mmol/100 gram
  7. Jelai mutiara : 1,0 mmol/100 gram
  8. Roti cokelat renyah : 1,1 mmol/100 gram
  9. Apricot kering : 3,1 mmol/100 gram
  10. Plum kering : 2,1 mmol/100 gram

Dari kesepuluh camilan di atas, mana yang paling Anda sukai? Selain daftar di atas, buah-buahan segar juga dibuktikan mengandung antioksidan antara 0,02 mmol/ 100 gram hingga 55,5 mmol/100 gram.

Artikel ini telah tayang dengan judul 10 Camilan Sehat yang Mengandung Antioksidan, Cocok untuk Teman Bersantai.