Ibu Hamil Disarankan Tetap Beraktivitas Fisik, Terutama pada Masa Pandemi
Ilustrasi Ibu Hamil

Bagikan:

ACEH – Ibu hamil disarankan tetap bergerak dan beraktivitas seperti biasa demi menjaga kebugaran, terlebih lagi saat ini masih masa pandemi. Namun, dalam menjalankan aktivitas harus tetap sesuai protokol kesehatan (prokes).

“Ketika seorang calon ibu sedang hamil, justru sangat dianjurkan untuk bergerak dan beraktivitas normal untuk menjaga kebugarannya. Bedanya, penerapan protokol kesehatan jauh lebih diperhatikan dan diusahakan agar tidak kelelahan," ujar dokter spesialis kebidanan dan kandungan di Klinik Bamed Bintaro, Nurida Memorisa Siagian, dikutip VOI dari Antara, Sabtu, 18 Desember.

Ibu Hamil pada Masa Pandemi Tak Membahayakan Janin

Aktivitas olahraga juga sebaiknya tetap dijalankan, misalnya berjalan kaki, yoga, dan senam hamil. Namun, yoga dan senam hamil bisa dilakukan setelah mendapatkan persetujuan dari dokter yang menangani.

Nurida menjelaskan, banyak pasangan yang berencana menunda kehamilan selama masa pandemi. Padahal, mempersiapkan kehamilan dan menjalani kehamilan pada masa pandemi tidak berbahaya bagi janin.

”Selama pandemi COVID-19, mempersiapkan kehamilan maupun sedang menjalani kehamilan tidak berbahaya bagi janin. Hal ini dikarenakan belum ada penelitian yang menunjukkan penularan COVID-19 dari ibu ke janin," kata dia.

Ibu Hamil Tetap Harus Hati-Hati

Meski demikian, Nurida mengingatkan, ibu hamil termasuk salah satu kategori yang berisiko tinggi terpapar COVID-19 dan memiliki risiko inflamasi yang luas jika ibu hamil sudah terpapar COVID-19.

Oleh sebab itu, persiapan sebelum hamil, ketika hamil, hingga menjelang persalinan dengan program kehamilan sangatlah penting demi menciptakan kehamilan yang aman dan sehat.

Pada dasarnya pemeriksaan pasien untuk calon ibu dan calon ayah masih sama untuk menjalani program kehamilan. Tetapi penilaian kesehatan akan dilakukan lebih terperinci agar risiko penyakit dapat terhindar dan nantinya kehamilan yang sehat dapat terwujud.

“Dalam melakukan program kehamilan sepasang suami istri harus melakukan pemeriksaan fisik secara langsung dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan," tandas kata Nurida.

Artikel ini telah tayang dengan judul Walau Masih Pandemi, Wanita Hamil Tetap Perlu Rutin Bergerak Biar Sehat.

Selain pentingnya ibu hamil tetap beraktivitas, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.