Jangan Anggap Sepele! Inilah Pentingnya Bermain Bersama Anak
Ilustrasi (Foto: Antara)

Bagikan:

ACEH – Orang tua memiliki waktu bermain bersama anak adalah hal yang penting, salah satunya untuk mentalitas anak. Hal tersebut diungkapkan oleh psikolog anak dan keluarga dari Universitas Indonesia, Vera Itabiliana.

“Lewat bermain dengan orang tua, anak yang sulit mengomunikasikan pikirannya, bingung dengan apa yang sedang terjadi, dan bagaimana ia harus bersikap, akan merasa dimengerti dan dibantu," terang Vera dikutip VOI dari Antara.

Bermain Bersama Anak untuk Kesehatan Mental si Kecil

Kesehatan mental merupakan dasar karakter seseorang untuk menjalani hidup, menghadapi tantangan, dan membentuk kepribadian.

Anak dengan kesehatan mental yang bermasalah sering menunjukkan beberapa perilaku negatif, seperti agresif, menarik diri, hiperaktif, merasa tidak aman, tegang, mengucilkan diri, sulit fokus, dan masih banyak lagi.

Oleh sebab itu, orang tua diharapkan mampu menjadi manusia yang lebih peka terhadap ciri-ciri tersebut. Untuk menangani hal-hal tersebut orang tua tak hanya bisa meminta bantuan ke pihak profesional, tetapi juga bisa mengambil peran, salah satunya dengan bermain bersama anak.

Selain itu, dengan bermain bersama anak, orang tua bisa mengevaluasi cara bersikap dan mengasuh anak. Tak hanya dapat menstimulasi perkembangan motorik dan otaknya, bermain juga dapat menumbuhkan rasa percaya dan keterikatan yang menyenangkan antara orang tua dengan anak.

Vera menyarankan orang tua tidak membagi perhatian ketika bermain dengan anak. Sebaiknya, hadirlah secara utuh untuk anak.

"Melakukan kontak mata dengan mereka itu juga perlu. Kita tak berbicara tentang kuantitas, ya, melainkan lebih ke kualitas. Sekitar 15-30 menit saja sudah cukup, tapi akan lebih baik apabila dilaksanakan secara reguler dan rutin,” pesan Vera.

Menurut dia, be mindful dengan apa pun yang Anda lakukan di hadapan anak. Dengan membagi fokus, anak bisa saja merasa diabaikan sehingga membuat mereka cenderung lebih emosional atau bahkan hiperaktif untuk mencari perhatian.

Tipe Permainan untuk Dilakukan Bersama Anak

Terkait tipe permainan yang tepat untuk anak, ada beragam seperti mendongeng dan bercerita, bidang seni musik, drama, boneka, tarian dan gerakan, atau masih banyak pilihan yang lain.

“Dongeng, misalnya, itu bisa bantu mengembangkan aspek moral dan spiritual anak. Kemudian, seni, sesuatu yang bisa melatih kreativitas pada anak, seperti drama, misalnya," tutur Vera.

Sementara musik bisa membuat anak lebih berani dalam mengekspresikan diri mereka dengan cara yang positif.

Penelitian menyebutkan, bermain dengan model-model yang tersebut di atas juga dapat menstimulasi otak anak untuk bekerja lebih aktif.

“Melalui permainan-permainan seperti itu, anak dapat mendapatkan informasi lewat metafora, sesuatu yang bisa diterapkan dalam kehidupan nyata sehari-hari. Umumnya, metafora bisa disampaikan dalam cerita, dongeng, drama, musik, dan sebagainya," demikian kata Vera.

Artikel ini telah tayang dengan judul Dear Parents, Ini Pentingnya Punya Waktu Bermain Bersama Anak.

Selain waktu bermain bersama anak, ikuti berita serta info menarik dari dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.