Mengenal Manfaat Bunga Lawang, Bisa Bantu Seimbangkan Hormon dan Jaga Imun Tubuh
Ilustrasi manfaat bunga lawang untuk kesehatan tubuh (Unsplash/Atharva Whaval)

Bagikan:

JAKARTA – Rempah-rempah di Nusantara tak sedikit manfaatnya, salah satu jenis rempah yang kerap dipakai sebagai bumbu masakan ialah bunga lawang. Bunga lawang dikenal dengan pekak atau star anise dan nama ilmiahnya Illicium verum.

Asal rempah ini dari Asia Tenggara dan sebagian Cina. Melansir Organic Facts, Jumat, 10 Desember, rempah berbentuk bintang ini dipakai dalam kebutuhan sehari-hari, seperti bumbu masakan, karena senyawa kimia aktifnya. Bunga lawang juga diproses menjadi minyak esensial yang mengandung asam shikimat dan dipakai untuk obat influenza di seluruh dunia.

Ekstraksi dari bahan mentah hingga menjadi minyak esensial membutuhkan waktu hingga 1 tahun. Sehingga harganya tergolong mahal terlebih tingginya permintaan untuk obat.

Bunga lawang, mengandung tinggi antioksidan seperti linalool, quercetin, thymol, terpineol, asam caffeic, anethole, kaemferol, dan asam coumaric. Selain itu, bunga lawang juga mengandung zat besi tinggi ditambah lagi vitamin C, kalsium, potasium, dan magnesium.

Manfaat bunga lawang untuk kesehatan, antara lain berpotensi menurunkan risiko kanker, menjaga kelembapan kulit, mencegah infeksi jamur, mendukung kesehatan pernapasan, merangsang sistem kekebalan tubuh, mengoptimalkan pencernaan, meningkatkan sirkulasi, dan mengatasi insomnia.

Dipublikasikan dalam Journal of The Science of Food and Agriculture, bunga lawang memiliki efek antibakteri. Sistem kekebalan tubuh yang didukung kondisi seimbang pada perut, bisa dibantu dengan mengonsumsi bunga lawang. Dalam pengobatan tradisional maupun industri pengobatan modern, bunga lawang dianggap efektif dalam melawan beberapa jenis bakteri yang kebal antibiotik.

Hormon sebagai neurotransmitter otak memengaruhi berbagai aspek kesehatan. Dibuktikan dalam studi bahwa bunga lawang bermanfaat menenangkan. Studi tersebut mengaitkan kandungan antioksidan serta magnesium yang merangsang pelepasan neurotransmitter sehingga tubuh lebih rileks dan mengatasi insomnia.

Efek bunga lawang pada tingkat hormon banyak diteliti. Dalam penelitian lain, bunga lawang memiliki efek yang kuat pada hormon pria, testosteron dan estrogen pada wanita. Pada pria, dapat memberikan dorongan energik dan meningkatkan gairah seks. Sedangkan pada wanita, bunga lawang bisa membantu mengatur siklus menstruasli, mengontrol perubahan suasana hati, dan mengurangi nyeri saat menstruasi.

Dari sederet manfaat di atas, bagaimana cara mengolah bunga lawang untuk mendapatkan manfaat yang dibutuhkan? Anda bisa mengolah bunga lawang menjadi teh, yakni dengan menyeduh 2 butir bunga lawang kering dan tambahkan dengan sesendok madu.