127 Tokoh Terima Tanda Kehormatan dari Presiden Jokowi, Ada Dokter, Sastrawan, dan Seniman
Presiden Jokowi menganugerahkan tanda kehormatan Republik Indonesia, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (12/08/2022). (Foto: Humas Setkab/Jay)

シェア:

ACEH - Baru-baru ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan tanda kehormatan RI kepada 127 orang. Hal ini dilaksanakan dalam upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat pagi, 12 Agustus.

Tahun ini Jokowi menganugerahkan tanda kehormatan Bintang Mahaputera, Bintang Jasa, dan Bintang Budaya Parama Dharma. Tanda kehormatan itu dianugerahkan kepada para penerima berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 64, 65, dan 66/TK/TH 2022 yang ditetapkan di Jakarta pada 11 Agustus 2022.

“Sebagai penghargaan atas jasa-jasanya sesuai ketentuan syarat khusus dalam rangka memperoleh tanda kehormatan Bintang Mahaputera Pratama, Bintang Jasa, dan Bintang Budaya Parama Dharma sebagaimana diatur dalam Undang-Undang,” kata Sekretaris Militer Presiden Marsdya TNI M. Tonny Harjono saat membacakan Kepres, Jumat, 12 Agustus, dikutip VOI.

Para Penerima Tanda Kehormatan RI

Penerimaan tanda kehormatan tersebut diwakili oleh tujuh orang penerima atau ahli waris penerima yang hadir secara langsung di Istana Negara. Tujuh orang penerima tersebut adalah:

1. Alm. Ajip Rosidi, sastrawan, dianugerahi tanda kehormatan Bintang Mahaputera Pratama;

2. Letjen TNI (Purn) Ida Bagus Purwalaksana, Inspektur Jenderal Kementerian Pertahanan 2019-2022, dianugerahi tanda kehormatan Bintang Jasa Utama;

3. Alm. Prof. Dr. Mundardjito, arkeolog, dianugerahi tanda kehormatan Bintang Budaya Parama Dharma;

4. Almh. dr. Carolina Rezeki Sihombing, dokter spesialis pada RSUD Kota Depok;

5. Alm. Sunjaya, Kepala Puskesmas pada UPTD Puskesmas Sukatani, Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mewakili 98 penerima lainnya yang masing-masing dianugerahi tanda kehormatan Bintang Jasa Pratama;

6. Alm. Gugum Gumbira, seniman tradisi sunda; dan

7. Almh. Dewi Wikantini, bidan penyelia pada UPT Puskesmas Baktijaya Kota, Depok, Jawa Barat, mewakili 22 penerima lainnya yang masing-masing dianugerahi tanda kehormatan Bintang Jasa Nararya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Jokowi Anugerahi Tanda Kehormatan kepada 127 Tokoh, Mulai dari Dokter Hingga Sastrawan.

Selain tanda kerhormatan, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.