Surya Paloh Soroti Dampak Pemilu terhadap Perpecahan Bangsa
Ketua Umum Nasdem Surya Paloh saat memberikan keterangan di kantor DPW Nasdem Aceh, di Banda Aceh, Senin (27/6/2022) (ANTARA/Rahmat Fajri) (ANTARA/Rahmat Fajri)

シェア:

ACEH - Pemilihan umum lebih baik tidak diselenggarakan jika akibatnya adalah perpecahan bangsa Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum DPP Parati NasDem, Surya Paloh, saat memberikan sambutan dalam peresmian kantor DPW Partai NasDem Aceh di Banda Aceh.

"Lebih baik tidak ada pemilu jika itu memberikan konsekuensi pada perpecahan bangsa ini," ungkap Surya di Banda Aceh, Senin, 27 Juni, dikutip VOI dari ANTARA.

Surya Paloh Soroti Dampak Pemilu terhadap Persatuan Bangsa

Menurutnya, penyelenggaraan pemilu serentak 2024 sudah dijadwalkan untuk dilaksanakan sehingga harus diikuti karena menjadi amanah dari konstitusi. Namun, dia kembali mempertanyakan risiko perpecahan bangsa akibat pesta demokrasi itu.

"Tapi, saya katakan sebagai Ketua Umum NasDem, untuk apa buat pemilu kalau bangsa ini harus terpecah?" tegasnya.

Menurut dia, pemilu harus dilaksanakan dengan syarat semua pihak yang terlibat menghormati perhelatan pesta demokrasi tersebut, menjaga keutuhan, serta merawat kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.

"Maka, kita perlu mengambil pelajaran dari pemilu sebelumnya agar kualitas pemilu ke depan ini jauh lebih baik dari apa yang sudah kita lalui," lanjutnya.

Pemilu 2019

Surya Paloh mengatakan, pemilu 2019 harus diakui telah meninggalkan kesedihan, kepedihan, dan luka di hati sebagian masyarakat Indonesia, bahkan menyebabkan trauma. Dia menilai, perpecahan tersebut tidak hanya terjadi di kalangan masyarakat, tetapi juga di lingkup keluarga.

Oleh sebab itu, lanjutnya, semua pihak harus mengambil pelajaran dari apa yang telah terjadi sebelumnya.

"Praktik polarisasi, pendiskreditan telah membawa ujaran yang tidak membesarkan hati, bahkan mengadu domba. Ini tidak boleh terulang," katanya.

Dia meminta semua pihak dapat memiliki misi dan tanggung jawab serupa, baik partai maupun peserta pemilu legislatif harus mendorong pemilu lebih baik dan berkualitas, bukan merasa hebat atau paling benar sendiri.

"Posisi saat ini yang dibutuhkan bangsa, kelompok manapun itu, buang. Mari bersama membangun Indonesia," ujarnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Ketum NasDem Surya Paloh: Lebih Baik Tidak Ada Pemilu Bila Timbulkan Perpecahan.

Selain berita Surya Paloh, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.