Gajah Liar Sambangi Kebun Sawit Warga di Aceh Barat, Banyak Tanaman yang Rusak
Ilustrasi-Salah satu kebun masyarakat di Desa Paya Meugendrang, Kecamatan Woyla Timur, Kabupaten Aceh Barat dirusak kawanan gajah (ANTARA/HO)

シェア:

ACEH - Pada Minggu dini hari kawanan gajah liar dilaporkan mengobrak-abrik lahan perkebunan kelapa sawit warga di Desa Paya Meugendrang dan Krueng Bhee, Kecamatan Woyla Timur, Kabupaten Aceh Barat, Aceh.

"Laporan yang kami terima dari masyarakat, dampak amukan gajah liar ini telah menyebabkan pohon kelapa sawit milik petani ikut rusak,” terang Ahmad Yani, anggota DPRK Aceh Barat, dikutip VOI dari Antara, Minggu, 23 Januari.

Kebun Warga Dirusak Gajah Liar

Menurut Ahmad, pengrusakan oleh gajah liar terjadi pada malam hari. Hal ini menyebabkan sebagian besar tanaman kelapa sawit warga di dua desa rusak.

Ahmad Yani menjelaskan, gangguan gajah liar di Kecamatan Woyla Timur, Kabupaten Aceh Barat telah terjadi sejak sepekan terakhir.

Guna menghindari konflik antara manusia dan gajah liar, ia berharap Badan Konservasi Sumber Daya Manusia (BKSDA) Provinsi Aceh agar turun ke Aceh Barat, guna melakukan penanganan secepatnya.

“Kami berharap BKSDA segera mengatasi gangguan gajah liar yang terjadi selama ini di Aceh Barat, sehingga potensi konflik antara satwa gajah dan masyarakat dapat dihindari,” kata Ahmad Yani.