Belajar Cara Merawat Tanaman Philodendron Merpati Variegata
Ilustrasi tanaman philodendron merpati (Pexels/Huy Phan)

シェア:

ACEH - Tanaman philodendron umumnya ditopang dengan rambatan dari jerami yang dibingkai dengan kerangka besi agar bisa tumbuh tegak. Daunnya berwarna hijau tua dengan motif putih tak rata sehingga disebut variegata. Struktur daun philodendron florida variegata sekilas seperti merpati sehingga sering disebut philodendron merpati variegata. Cara merawat tanaman philodendron merpati variegata tak terlalu ribet.

Anda yang hobi bercocok tanam hanya perlu melakukan pengecekan rutin agar tanaman ini tidak terserang hama, seperti kutu daun dan laba-laba. Perawatan harian lain yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut. 

Cara Merawan Tenaman Philodendron Merpati Variegata

1. Kelembapan suhu

Tanaman ini butuh kondisi lingkungan dengan suhu antara 10--26 derajat Celsius untuk berkembang. Artinya tanaman ini memiliki rentang suhu yang tinggi dan lebih baiknya lagi, mereka bisa hidup di dataran tinggi yang dingin maupun dataran rendah dengan suhu sedang.

Meski demikian, jangan meletakkan tanaman ini di dekat AC atau pendingin ruangan. Selama tanaman memiliki kelembapan sedang, ia akan bertahan.

2. Cukup cahaya

Salah satu hal yang paling penting adalah tempat untuk meletakkan tanaman berdaun cantik ini. Philodendron merpati variegata akan tubuh subur jika diletakkan di tempat yang terpapar matahari sedang. Matahari langsung dapat menyebabkan daun philodendron cokelat dan kering.

Ini juga perlu disesuaikan di mana Anda tinggal, jika jendela rumah menghadap ke utara, maka bisa diletakkan di dekatnya. Nah, apabila meletakkan di dalam ruangan, pencahayaan bisa dibantu dengan bohlam tetapi jangan tepat di bawah cahaya.

Pencahayaan menggunakan lampu membutuhkan penyinaran selama 12 jam. Di kawasan tropis, bisa meletakkan philodendron merpati di tempat yang sejuk agar terpapar matahari pagi dan sore hari saja.

3. Pakai pot dengan drainase baik

Pot dengan drainase buruk akan memengaruhi kelembapan tanah, efeknya pada tanaman philodendron merpati variegata bisa buruk. Sebab kelembapan tinggi bisa membuat akar busuk. Itu berarti, pastikan tanah tidak terlalu lembap dengan memilih pot dengan drainase baik.

4. Media tanam yang tepat

Philodendron merpati variegata seperti kebanyakan tanaman tropis lainnya. Tanaman hias daun ini membutuhkan tanah yang kering. Bahan organik yang cocok untuk dijadikan media tanam philodendron antara lain campuran dari tanah gambut, kulit kayu, dan arang.

5. Kebutuhan penyiraman

Menyiram tanaman hias penting sekali dilakukan secara pas, karena setiap tanaman memiliki karakter pertumbuhan yang berbeda-beda. Jadi, tanah untuk philodendron tak boleh terlalu basah.

Artinya cek dahulu kondisi tanahnya, jika masih basah tunda sementara waktu hingga tanahnya terasa kering. Paling tepat lagi, cek dengan jari hingga 2 sentimeter dalam media tanam untuk memastikan tanahnya membutuhkan penyiraman atau tidak.

Pemberian pupuk untuk philodendron merpati variegata, perlu yang banyak mengandung nitrogen. Sebab nitrogen membantu pertumbuhan daun dan menjaga kehijauan daun tetap segar.