Mood Sering Berubah? Coba 6 Makanan untuk Mengatasi Depresi Ini
Ilustrasi (Anna Pelzer/Unsplash)

シェア:

ACEH - Memperbanyak asupan gizi yang dibutuhkan tubuh melalui berbagai makanan, seperti buah, sayur, dan kacang-kacangan tak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga mental. Selain itu, beberapa jenis makanan tersebut mampu meningkatkan fungsi otak dan menstabilkan suasana hati yang mudah berubah karena depresi. Ya, ada beberapa makanan untuk mengatasi depresi agar kesehatan mental Anda terjaga.

Sejumlah penelitian juga menyarankan untuk mengonsumsinya demi mencegah perubahan mood yang menggerus kebahagiaan. Apa saja makanan yang bisa mengatasi depresi? Dikutip VOI dari HerWorld, berikut daftarnya.

Daftar Makanan untuk Mengatasi Depresi

Kacang kenari

Kacang ini mengandung asam lemak omega 3 yang bisa meminimalisir gejala depresi dengan meningkatkan fungsi otak. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Integrative Medicine Research pada 2015 membuktikan bahwa omega 3 bisa mengurangi risiko gangguan mood dan menguatkan sel otak. Selain kacang kenari, makanan lain yang mengandung omega 3 tinggi adalah ikan salmon dan tuna.

Alpukat

Lemak baik yang ada di buah alpukat tak hanya menyehatkan, tapi juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan mental. Omega 9 dan oleic acid yang dikandungnya berfungsi untuk menjaga homocysteine berlebih yang bisa menghambat penerimaan nutrisi ke otak sekaligus mempengaruhi suasana hati. Manfaat lain dari buah ini adalah jumlah protein yang lebih tinggi dari buah lainnya.

Daging

Daging sapi dan ayam mengandung mineral yang mampu mengoptimalkan kebutuhan di dalam tubuh dan juga menjauhkan diri dari depresi. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa kadar mineral pada seseorang yang mengalami depresi lebih rendah dari orang yang tidak. Oleh karenanya, dengan mengonsumsi sesuai kadarnya bisa menstabilkan dan menjaga tubuh bahkan kesehatan mental.

Dark cokelat

Perubahan suasana hati yang diakibatkan oleh depresi bisa diminimalisir dengan cokelat hitam yang digemari oleh sebagian orang. Dark chocolate salah satu makanan yang mengandung flavonol dan polifenol yang bisa menurunkan tekanan darah sehingga diri jauh lebih tenang.

Kacang-kacangan

Mengonsumsi kacang-kacangan sangat baik untuk kesehatan jantung. Bahkan, kacang-kacangan seperti kedelai, almond, dan lainnya memiliki vitamin B12 dan B9 yang bisa membantu menstabilkan kadar gula darah dan menghindari perubahan suasana hati.  

Chia seeds

Chia seeds dipercaya jadi salah satu asupan yang bisa mengatasi dari depresi. Kandungan omega 3 yang dimilikinya bisa membantu menjaga suasana hati dan meningkatkan fungsi otak serta menjaga selnya dari gejala penyakit lainnya.