Pandangan Haruna Soemitro Berseberangan dengan Ketum PSSI
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (kanan), berbincang dengan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kiri) (Foto: Antara)

シェア:

ACEH - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, memiliki pandangan yang berbeda dengan salah satu anggota Exco, Haruna Soemitro,  mengenai pentingnya sebuah proses dalam sepak bola.

Iriawan mengatakan, proses merupakan jalan yang mesti dilewati untuk sampai ke tujuan. Dia percaya bahwa setiap pencapaian yang bagus tidak terlepas dari prosesnya.

"Misalnya, dari sini (Jakarta) mau ke Bogor, masa tiba-tiba sampai di Bogor? Tentu, kan harus melewati jalan tol atau jalan biasa, bisa naik mobil, kereta api, atau pesawat. Itulah prosesnya dan kami percaya pada proses itu," terang Iwan Bule, sapaan Mochamad Iriawan, dikutip VOI dari Antara.

Pendapat Ketum PSSI Soal Timnas

Dia menerapkan analogi tersebut dalam sepak bola di Indonesia. Menurutnya, tidak ada tim nasional (timnas) yang bisa berprestasi tanpa proses panjang dan jatuh bangun.

Iriawan mengimbau para pemain muda untuk berani mengambil langkah demi bisa mengantongi banyak jam latihan dan pertandingan sehingga perfoma serta kemampuan mereka terus meningkat.

"Saya yakin, kepercayaan terhadap proses akan membentuk hasil yang baik," tuturnya.

Pandangan Haruna Soemitro Soal Sepak Bola

Pandangan Ketua PSSI rupanya bertolak belakang dengan Haruna Soemitro. Sebelumnya, anggota Exco itu mengatakan dalam sebuah video singkat bahwa yang terpenting dalam sepak bola bukanlah proses, melainkan hasil.

"Ya, memang gitu sepak bola. Di sepak bola itu orang tak mau lihat proses. Yang dilihat hasil," kata Haruna, dikutip dari video singkat yang diunggah di kanal Youtube JPNN.com.

Pernyataan Haruna tersebut langsung menuai reaksi protes dari netizen. Terlebih kalimat tersebut juga diarahkan Haruna untuk menyindir pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong yang dianggapnya sama saja dengan pelatih lain yang hanya bisa membawa timnas ke final Piala AFF tanpa membawa pulang gelar juara.

Pernyataan Haruna untuk Shin Tae-yong itu kemudian membuat netizen bereaksi dan memunculkan tanda pagar (tagar) #HarunaOut di media sosial sebagai desakan agar Haruna keluar dari PSSI. Bersamaan dengan itu, netizen beramai-ramai pasang badan demi memberikan dukungan kepada Shin Tae-yong.