Vaksinasi Booster Gratis Dilakukan kepada Seluruh Masyarakat
Presiden Jokowi (Diah Ayu Wardani/VOI)

シェア:

ACEH - Beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan keputusannya bahwa vaksinasi booster gratis diberikan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Ini merupakan dosis ketiga dari vaksin COVID-19.

"Saya telah memutuskan pemberian vaksin ketiga ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia," kata Jokowi di Istana Merdeka, dikutip VOI, Selasa, 11 Januari.

Lansia Jadi Prioritas Vaksinasi Booster Gratis

Jokowi menjelaskan, vaksinasi booster digratiskan karena keselamatan rakyatnya adalah hal utama dalam menghadapi pandemi COVID-19. Pelaksanaan vaksinasi booster dimulai pada Rabu, 12 Januari. Kelompok masyarakat yang menjadi prioritas adalah kelompok lansia dan masyarakat rentan. Kelompok ini lebih memerlukan proteksi dibandingkan kelompok usia lainnya.

"Mulai tanggl 12 Januari 22, pemerintah akan melaksanakan vaksinasi ketiga dengan priritas bagi lanusia dan kelompok rentan. Upaya ini penting dilakukan untuk meningkatakan kekebalan tubuh masyarakat, mengingat COVID-19 yang terus bermutasi," tutur Jokowi.

Kemarin, Badan Pengawas Obat dan Makanan menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) terhadap lima jenis atau merek vaksin untuk penggunaan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster.

BPOM Telah Lakukan Kajian

Hal ini ditetapkan setelah BPOM melakukan pengkajian kemanan, khasiat, dan mutu terhadap beberapa vaksin COVID-19 yang telah memperoleh EUA sebagai vaksin primer untuk dievaluasi sebagai vaksin booster berdasarkan data khasil uji klinik terbaru yang mendukung.

Kelima merek vaksin tersebut adalah CoronaVac (Sinovac), Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Zifivax. BPOM membagi klasifikasi vaksin booster berdasarkan homolog atau pemberian dosis vaksin booster menggunakan merek yang sama dari sebelumnya, dan heterolog atau dosis booster dengan merek berbeda dari sebelumnya.