9 Pola Pikir Pria secara Umum yang Bisa Dipelajari Demi Keharmonisan Hubungan
Ilustrasi mengenali pola pikir pria dewasa (Unsplash/Wright Brand Bacon)

シェア:

ACEH - Para perempuan perlu memahami pola pikir pria karena ini bisa menjadi alat untuk membantu memahami pasangan. Mengetahui pola pikir pria tidak dilakukan untuk mempertegas perbedaa, melainkan untuk memahami secara bijak sehingga hubungan asmara bisa terjaga dengan indah dan harmonis tanpa pertengkaran yang tidak perlu.

Berikut ini telah tim VOI sajikan beberapa pola pikir yang dimiliki pria secara umum. Tidak semua pria memiliki pola pikir seperti berikut ini, tetapi ini akan menjadi panduan bagi perempuan untuk memahami para laki-laki. 

9 Pola Pikir Pria secara Umum

1. Andal memikirkan satu hal dalam satu waktu

Perempuan mungkin bisa melakukan multitasking. Perempuan bisa bekerja sambil memesankan makanan untuk orang rumah. Tetapi berbeda bagi pria. Para pria biasanya memikirkan satu hal dalam satu waktu. Pria cenderung mengklasifikasikan pikiran mereka daripada berpikir mencampuradukkan semuanya.

2. Pria sering berbicara melalui tindakan

Dilansir All Women’s Talk, pria akan beri tahu pacar atau istrinya bahwa ia mencintainya. Namun, kadang pria tak melakukannya, melainkan menunjukkan rasa cinta tersebut melalui tindakannya. Pria, biasanya tidak muluk-muluk dengan kata-kata mereka. Ini karena tindakan lebih berarti baginya daripada kata-kata.

3. Cenderung berpikir lama sebelum mengungkapnya

Pria umumnya lebih sabar dalam situasi tertentu, misalnya menunggu kabar dari seorang teman. Ia umumnya berpikir lebih lama tentang apa yang mereka rasakan sebelum mengungkap pikirannya. Pria biasanya tidak langsung mengungkapkan berbagai hal secara asal-asalan.

4. Butuh waktu memproses pikiran dan perasaan

Ketika berbeda argumen, pria mungkin mencoba mendapatkan ruang untuk memproses pikiran dan perasaannya. Memahami hal ini bisa membantu Anda untuk tidak merasa terluka ketika pasangan ingin menyudahi perdebatan dan memilih pergi mencari udara segar. Beri ia waktu yang dibutuhkan untuk berpikir hingga siap untuk mendiskusikan situasi tersebut dengan Anda.

5. Pria mampu tidak memikirkan apa pun

Pernahkah Anda bertanya pada pasangan tentang apa yang dipikirkannya saat ini? Ketika ia mengatakan tidak memikirkan apapun, percayalah, ua tidak bermaksud merahasiakan sesuatu. Pria benar-benar memiliki kemampuan untuk rileks dan tidak memikikran apapun.

6. Berpikir dengan logika, bukan emosi

Ketika terbawa emosi, terkadang sulit untuk berpikir jernih karena terbawa perasaan. Tetapi pria tidak seperti ini, mereka bisa mendorong perasaan ke samping dan menggunakan lebih banyak logika. Bukan berarti mereka enggak punya perasaan tetapi bukan landasan utama untuk mengambil keputusan penting sementara waktu.

7. Tidak ingin diremehkan

Rasa hormat, bagi pria hadir begitu kuat. Mereka tidak suka diremehkan. Mungkin setiap orang menginginkan perilaku ini. Sehingga bisa dilakukan oleh setiap pasangan, yaitu saling menghormati dan menghargai peran masing-masing.

8. Berkata apa adanya

Kata-kata yang tersirat kerap membingungkan, tetapi kebanyakan pria berkata apa adanya. Kata-kata simbolis dan tersirat kerap dianggap buang-buang waktu dan energi sehingga pahami bagaimana pasangan Anda ketika straight forward langsung pada intinya.

9. Fokus pada apa yang dibutuhkan dan tidak berorientasi pada detail

Berbeda dengan wanita yang bisa mengidentifikasi detail secara rigid, tetapi pola pikir pria banyak dokus pada apa yang dibutuhkkan. Rentang perhatiannya terbatas apalagi ketika sedang banyak tugas yang perlu diselesaikan, artinya harus terbagi-bagi secara efektif dan merata.

Jadi, kalau perhatiannya pada Anda berkurang, tak perlu marah. Buatlah kesepakatan untuk bebincang berdua menikmati suasana tanpa ada hal lain yang mengganggu pikirannya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Biar Enggak Memicu Konflik dalam Hubungan Asmara, Kenali dan Pahami 9 Pola Pikir Pria.

Selain pola pikir pria secara umum,