Tokopedia Rilis Fitur Baru untuk Permudah Tunanetra Belanja Daring
Tokopedia baru saja merilis fitur Voice Over . (foto: Tokopedia)

ACEH – Belum lama ini Tokopedia merilis fitur baru bernama Voice Over untuk memudahkan difabel, khususnya tunanetra, dalam menggunakan aplikasi Tokopedia.

“Lewat fitur ini Tokopedia bisa menjadi platform yang mempermudah lebih banyak masyarakat dari berbagai kalangan, termasuk rekan-rekan difabel,” terang Engineering Manager Tokopedia sekaligus pengembang fitur Voice Over, Ferico Samuel, dalam konferensi pers virtual, Jumat, 3 Desember, dikutip VOI.

Ferico melanjutkan, pengujian fitur Voice Over melibatkan para difabel. Mereka pula yang menguji kualitas dari fitur tersebut.

Kemampuan Voice Over Tokopedia

"Kami lakukan awal pengujian sekitar Februari awal tahun ini, kita melakukan riset, uji coba konten terus-menerus, bertukar pikiran dengan tim UX Writer, hingga kami mencobanya sendiri dengan menutup mata. Dan pada akhirnya mengundang rekan difabel untuk menguji fitur ini," ujar Ferico.

"Kita minta mereka cobain, jelaskan apa yang kurangnya sudah oke belum sih, nah menurut rekan-rekan difabel yang lebih baik tuh bagaimana, prosesnya cukup panjang dan terus-menerus," imbuhnya.

Hadir pula pengguna tunanetra Tokopedia, Maria Hardono. Dia mengatakan, "Fitur Voice Over Tokopedia membantu saya dalam proses belanja daring. Saya bisa mendengarkan review produk dari pembeli lain, berbelanja dengan e-wallet dan mengikuti berbagai promo serta live shopping," kata Maria.

Saat ini, fitur Voice Over sudah bisa diakses melalui sistem iOS dan akan terus dikembangkan ke segala jenis sistem ponsel, termasuk Android beberapa waktu mendatang.

"Kita datangkan ini ke pengguna Apple dahulu karena memang perusahaan teknologi tersebut sudah memiliki fitur Voice Over di dalamnya, pada Siri khususnya. Untuk pengguna Android, tunggu tanggal mainnya," tutup Ferico.

Artikel ini telah tayang dengan judul Luncurkan Fitur Voice Over, Tokopedia Permudah Difabel Gunakan Aplikasi.

Selain fitur baru Tokopedia, ikuti berita serta info menarik dari dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.