Sempat Terserang Penyakit Mulut dan Kuku, 40.439 Ternak di Aceh Dinyatakan Sembuh
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

ACEH - Satgas Bantuan Operasi Aman Nusa II menyebut 40.439 ekor binatang ternak di Aceh sembuh dari penyakit mulut dan kuku (PMK). Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Satgas Bantuan Operasi Aman Nusa II, Kombes Pol Winardy.

"Berdasarkan data kami terima, hingga saat ini ada 40.439 ekor hewan ternak di Aceh sembuh dari PMK," kata Winardy, Minggu, 7 Agustus, dikutip VOI dari ANTARA.

Kerja Sama untuk Atasi Penyakit Mulut dan Kuku di Aceh

Winardy menjelaskan, peningkatan jumlah kesembuhan hewan ternak dari PMK merupakan hasil kerja keras para peternak bersama anggota satgas serta pemangku kebijakan terkait. Dia mengatakan, Satgas Bantuan Operasi Aman Nusa II adalah dukungan kepolisian dalam upaya menangani PMK yang saat ini mewabah.

Kombes Pol Winardy melanjutkan, satgas terus berusaha mencegah penularan dan penyebaran, serta menanganai PMK yang menginfeksi hewan ternak masyarakat di Provinsi Aceh.

"Upaya penyembuhan dilakukan dengan memberi obat-obatan termasuk penyemprotan disinfektan terhadap kandang serta memberi vaksin kepada hewan ternak yang sehat. Upaya ini memberikan hasil positif," kata Kombes Pol Winardy.

Peran Masyarakat

Selain itu, lanjut Winardy, Satgas Bantuan Operasi Aman Nusa II juga mengedukasi dan menyosialisasikan kepada masyarakat menyangkut tata cara pencegahan dan penanganan agar virus penyakit mulut dan kuku tidak semakin menyebar.

Meski demikian, masyarakat tetap diimbau untuk tetap aktif melakukan pencegahan, seperti pembersihan kandang, disinfeksi, dan tidak membiarkan ternak berkeliaran, kata Kombes Pol Winardy.

"Kami juga mengingatkan masyarakat atau peternak yang hewan ternaknya terinfeksi penyakit mulut dan kuku segera melaporkan kepada petugas untuk segera dilakukan penanganan," kata Kombes Pol Winardy.

Artikel ini telah tayang dengan judul 40.439 Hewan Ternak di Aceh Dinyatakan Sembuh dari PMK.

Selain penyakit mulut dan kuku di Aceh, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.