Berpenduduk Muslim Terbesar, Indonesia Tak Masuk 10 Besar Negara Produsen Industri Halal Dunia
Menteri BUMN Erick Thohir. (foto: Dok. Kementerian BUMN)

ACEH - Indonesia tidak masuk 10 besar negara produsen industri halal dunia. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menyayangkan hal tersebut. Seperti diketahui, Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

Erick Thohir mengatakan, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia seharusnya punya potensi yang besar terkait perekonomian syariah dan ekosistem industri halal.

“Mau sampai kapan market kita hanya menjadi sumber bagi pertumbuhan ekonomi negara lain? 10 besar kita tidak masuk, malah yang masuk Brasil, Amerika Serikat (AS), bahkan Taiwan. Ini harus menjadi intropeksi kita bersama,” terang Erick di Jakarta, dikutip VOI pada Jumat, 5 Agustus.

Industri Halal Indonesia Tak Sebagus Sifat Konsumtifnya

Selama ini, lanjut Erick, Indonesia justru berada di peringkat keempat sebagai negara dengan konsumsi produk halal dunia. Oleh sebab itu, dia bertekad menjadikan Indonesia sebagai pemain besar dalam industri halal dunia mengingat market dan sumber daya Indonesia sangat besar.

“Jangan sampai bangsa kita hanya menjadi market bagi negara lain, jangan sampai bangsa kita hanya jadi penonton! Inilah yang harus kita rajut dan perkuat,” terang Erick yang juga menjadi Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES).

Dia menjelaskan, hal tersebut selaras dengan tema ulang tahun MES ke-22, yaitu akseleratif, kolaboratif, dan kontributif. Erick yakin MES mampu membangun sistem ekonomi dan keuangan syariah yang inklusif serta mampu menjadi pendorong bagi wirausaha-wirausaha muslim untuk menjadikan muslimpreneur yang produktif, menjadi roda penggerak umat di Indonesia.

Gotong Royong MES, BUMN, dan Masyarakat

Erick Thohir mengatakan, demi merealisasikan serta mengakselerasikan hal tersebut, MES bersama BUMN dan masyarakat harus bergotong-royong dan berkolaborasi sehingga bisa bersama-sama memberikan manfaat dan kontribusi yang lebih besar bagi bangsa dan masyarakat.

Melalui gotong royong, Erick optimistis umat yang mayoritas di negeri ini tidak hanya menjadi buih, melainkan sebagai ombak dalam ekonomi bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Tujuannya untuk mewujudkan Indonesia yang Maju, Makmur, dan Mendunia. Sekali lagi, saya ucapkan selamat ulang tahun ke-22 untuk MES," kata Erick.

Artikel ini telah tayang dengan judul Indonesia Tak Masuk 10 Besar Negara Produsen Industri Halal Dunia, Erick Thohir: Sampai Kapan Kita Hanya Jadi Market?

Selain industri halal, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.