Piala Presiden Esports 2022 Segera Digelar, Ini Kata Moeldoko
Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko (foto: istimewa)

ACEH - Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, menyatakan gelaran Piala Presiden Esports (PPE) 2022, menjadi wujud komitmen pemerintah dalam mengembangkan karier atlet esports Indonesia di kancah dunia. 

Terlebih lagi, lanjut dia, sejak penyelenggaraan PPE perdana yang digelar pada 2019, atlet-atlet potensial terus bermunculan yang kemudian memiliki jenjang karier jelas di industri esports

“Talenta-talenta inilah yang akan terus digali dan dibina agar terus berprestasi dan membawa keharuman nama bangsa di kemudian hari,” tegas Moeldoko, dalam konferensi pers penyelenggaraan PPE 2022, di Jakarta, Kamis 4 Agustus, dikutip VOI

Pengaruh Piala Presiden Esports terhadap Ekosistem dan Industri Gim Nasional

Moeldoko menjelaskan, penyelenggaraan Piala Presiden Esports (PPE) terbukti memberikan efek domino terhadap kemajuan ekosistem dan industri gim nasional, khususnya esports. Bukti dari hal tersebut adalah kemunculan dua gim lokal yang ikut dipertandingkan dalam PPE 2021. 

Dalam kesempatan tersebut, Moeldoko menggambarkan peluang industri gim Indonesia. Berdasarkan riset Statista, Moeldoko menjelaskan, proyeksi pendapatan dari gim hingga akhir 2022 sebesar Rp14 miliar, sedangkan pertumbuhannya mencapai 9,14 persen. 

Dia melanjutkan, saat ini posisi Indonesia di pasar gim berada di peringkat 12. Sementara di Asia Tenggara, Indonesia berada di urutan pertama dengan prosentase pemain gim sebesar 43 persen dari pangsa pasar Asia Tenggara, yang diperkirakan dalam empat tahun ke depan mencapai Rp65 miliar. 

“Dengan peluang ini, kita berharap Indonesia mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri, dan industri gim mampu mendongkrak perekonomian dan pembukaan lapangan kerja baru bagi millennials,” tuturnya.

Harapan Moeldoko terhadap Piala Presiden Esports 2022

Moeldoko berharap, PPE 2022 tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga berdampak positif terhadap sumber daya generasi muda Indonesia yang kreatif dan unggul, sesuai dengan cita-cita Presiden dan bapak Wakil Presiden. 

"Lewat PPE ini generasi muda tidak melulu sekedar main gim saja namun menjadi generasi Indonesia yang berkarakter, kreatif, dan inovatif," pungkas Moeldoko. 

Sebagai informasi, tahun ini pemerintah kembali menggelar Piala Presiden Esports (PPE). Ini merupakan turnamen olahraga elektronik yang keempat kalinya, sejak digelar perdana pada 2019. 

Mengusung tema Esports untuk Negeri, kick off PPE 2022 akan dilaksanakan pada Rabu, 10 Agustus. Digelar secara hybrid, PPE 2022 diikuti 142 atlet, dan mempertandingkan tujuh cabang gim. Dua diantaranya adalah gim nasional, yakni Lokapala & Battle of Satria Dewa. Total prize pool sebesar Rp2 miliar.

Penyelenggaraan Piala Presiden Esports (PPE) 2022 melibatkan Kantor Staf Presiden, Kemenko marves, KemenkoPMK, Kempora, Kemparekraf, Kemkominfo, serta didukung Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI).

Artikel ini telah tayang dengan judul Piala Presiden Esports 2022 Kembali Diadakan, PPE Jadi Komitmen Pemerintah Kembangkan Karir Atlet Esports di Kancah Dunia.

Selain Piala Presiden Esports 2022, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.