Politeknik Industri Petrokimia Banten, Kampus Ikatan Dinas Kemenperin yang Gratis untuk Angkatan Pertama
Ilustrasi (Foto: Dok. Kemenperin)

ACEH - Bulan ini, 1-31 Juli 2022, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membuka pendaftaran seleksi masuk calon mahasiswa baru Politeknik Industri Petrokimia Banten. Kampus ikatan dinas Kemenperin ini juga memberikan kesempatan untuk kuliah secara gratis.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin, Arus Gunawan, menjelaskan bahwa kesempatan tersebut menawarkan perkuliahan gratis 100 persen serta ikatan dinas. Kampus tersebut melakukan penyaluran ke berbagai perusahaan industri bagi para lulusannya.

“Kemenperin memberikan kesempatan kuliah gratis di Politeknik Industri Petrokimia Banten, mulai dari pendaftaran hingga lulus. Nantinya, lulusan politeknik ini akan bisa langsung bekerja setelah lulus karena Kemenperin telah menjalin kerja sama ikatan kerja dengan berbagai perusahaan industri,” terang Gunawan, dikutip VOI pada Rabu, 13 Juli.

Kuliah Gratis di Kampus Ikatan Dinas Kemenperin

Gunawan menerangkan, seluruh mahasiswa angkatan pertama Politeknik Industri Petrokimia Banten dibebaskan dari biaya kuliah. Para mahasiswa tidak perlu membayar biaya pendaftaran, biaya semester, uang gedung, dan biaya kuliah lain hingga mereka lulus.

Politeknik Industri Petrokimia Banten merupakan unit pendidikan di bawah BPSDMI Kemenperin. Kampus ini menawarkan program Diploma Tiga yang terbagi menjadi Teknologi Proses Industri Petrokimia, Teknologi Mesin Industri Petrokimia, dan Teknologi Instrumentasi Industri Petrokimia.

“Politeknik akan menerima 96 mahasiswa angkatan pertama, atau 32 mahasiswa di setiap program Diploma Tiga (D-3),” tuturnya.

Para mahasiswa akan menjalani perkuliahan selama enam semester yang terdiri dari tiga semester pertama di kampus, dua semester di industri, serta kembali ke kampus pada semester akhir. Pendidikan dual system ini memungkinkan mahasiswa Politeknik Industri Petrokimia Banten langsung terjun ke industri dengan bekal teori yang diperoleh di kelas.

Perusahaan yang Bekerja Sama dengan Politeknik Industri Petrokimia Banten

Sampai dengan saat ini, Politeknik Industri Petrokimia Banten telah menjalin kerja sama dengan 14 mitra industri dan asosiasi industri. Dengan ikatan kerja, lulusan politeknik dapat langsung bekerja di salah satu mitra industri tersebut.

Berikut perusahaan industri dan asosiasi industri yang telah bermitra:

1.PT. Chandra Asri Petrochemical

2.PT. Petrokimia Butadiene Indonesia

3.PT. Pupuk Indonesia

4.PT. Cabot Chemical Indonesia

5.PT. Polytama Propindo

6.PT. Petro Oxo Nusantara

7.PT. Mitsubishi Chemical Indonesia

8.PT. Trinseo Materials Indonesia

9.PT. Nippon Shokubai Indonesia

10.PT. Asahimas Chemical

11.PT. Lotte Chemical Titan Nusantara

12.Asosiasi Industri Olefin, Aromatik dan Plastik Indonesia

13.Federasi Industri Kimia Indonesia

14.Skills for Competitiveness (S4C)

Pendaftaran bagi calon mahasiswa Politeknik Industri Petrokimia Banten berlangsung pada 1-31 Juli 2022.

Selanjutnya, pendaftar akan mengikuti ujian tes tulis, terdiri dari tes akademik dan Bahasa Inggris pada 3 Agustus 2022, dilanjutkan dengan tes psikologi dan wawancara pada 13-14 Agustus 2022.

Pendaftaran Politeknik Industri Petrokimia Banten dilakukan melalui JARVIS dengan alamat situs https://jarvis.kemenperin.go.id/politeknikpetrokimia-banten/.