Berita Aceh Terkini: Kartu Identitas Anak Sudah Dimiliki Puluhan Ribu Anak di Aceh Barat
Ilustrasi-(Foto: DOK ANTARA)

ACEH - Sebanyak 25.421 anak di 12 kecamatan di Kabupaten Aceh Barat, Aceh, sudah memiliki kartu identitas anak (KIA) terbitan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Aceh Barat, Muhd Yani Effendy, di Meulaboh.

“Kartu Identitas Anak ini berfungsi sebagai kartu identitas bagi anak-anak berusia 0-5 tahun dan anak berusia lima hingga 16 tahun,” terang Muhd Yani Effendy, Senin, 4 April, dikutip VOI dari Antara

Kegunaan Kartu Identitas Anak

Dia mengatakan, KIA tersebut diterbitkan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak. Kartu tersebut, terang Muhd Yani, memuat beberapa identitas anak, termasuk nomor induk kependudukan (NIK) serta nama ayah atau kepala keluarga yang tercantum di dalam kartu keluarga (KK).

Menurutnya, KIA juga melindungi anak dari tindak kejahatan, seperti perdagangan anak. KIA juga berguna sebagai kartu identitas untuk membuat kartu tanda penduduk (KTP) elektronik ketika si anak dinyatakan berusia dewasa atau 17 tahun.

“Selain berfungsi sebagai kartu identitas, KIA ini juga dapat digunakan sebagai syarat administrasi kependudukan, saat anak akan memasuki usia sekolah di jenjang taman kanak-kanak (TK) atau sekolah dasar,” terangnya.

Syarat Pembuatan Kartu Identitas Anak

Sejak Januari hingga awal April 2022, sebanyak 600 anak di Kabupaten Aceh Barat sudah membuat kartu identitas. Syarat untuk pembuatan KIA bagi seorang anak, kata dia, membawa fotokopi akta kelahiran, fotokopi KK, serta membawa satu lembar pas foto anak berukuran 3x4 jika seorang anak sudah berusia di atas lima tahun.

“Kalau anak usia di bawah lima tahun tidak memuat foto di KIA, namun bagi yang usianya di atas lima tahun harus ada foto sang anak,” tuturnya.

Latar belakang foto anak di kartu identitas tersebut, berwarna merah untuk tahun lahir ganjil dan berwarna biru untuk tahun lahir di tahun genap.

Artikel ini telah tayang dengan judul 25.421 Anak di 12 Kecamatan Wilayah Aceh Barat Sudah Memiliki Kartu Identitas.

Selain kartu identitas anak, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.

Related News