Kejagung Dukung Penuh Program Kerja Kepala Otorita IKN Nusantara
Pertemuan Jaksa Agung dengan Kepala Otorita Bambang Susantono/Foto: Antara

ACEH - Belum lama ini Kejaksaan Agung (Kejagung) RI menyatakan dukungannya kepada program kerja Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara serta pembentukan struktur organisasi Otorita IKN.

“Baik itu menyangkut penyusunan peraturan-peraturan jadi kewenangan Pak Kepala IKN, termasuk juga berkaitan dengan policy drafting-nya, termasuk pendampingan kontrak-kontrak drafting. Apabila diperlukan, kami support penuh,” terang Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, Feri Wibisono, Kamis, 17 Maret, dikutip VOI.

Dukungan Kejagung terhadap Program Kerja Kepala Otorita IKN Nusantara

Dia menyampaikan hal tersebut dalam konferensi pers yang dilaksanakan di Jakarta pada Kamis, 17 Maret, setelah Kejaksaan Agung menerima kunjungan Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Bambang Susantono, yang didampingi Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara, Dhony Rahajoe.

Feri menjelaskan, Kejaksaan mendukung program kerja Kepala Otorita IKN Nusantara dan percepatan pembentukan struktur organisasi Otorita IKN. Mereka juga mendukung kegiatan yang akan dilaksanakan.

“Kejaksaan mendukung penuh kegiatan yang akan dilaksanakan oleh IKN,” kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Bambang Susantono menjelaskan bahwa ada tiga aspek yang menjadi perhatian bagi para investor besar.

Aspek Perhatian Investor Besar

Aspek tersebut adalah ESG, dengan “E” memiliki arti environment. Aspek ini berkaitan dengan lingkungan hidup dan perubahan iklim (climate change).

Lebih lanjut adalah aspek “S” berkaitan dengan sosial, di mana sosial di masyarakat juga akan dilihat oleh para investor. Aspek terakhir dan yang terpenting adalah “G”, yaitu government atau tata kelola.

“Di mana nanti kami akan membuat structuring dari proyek ini,” kata Bambang.

Menurutnya, apabila ketiga aspek tersebut berjalan dengan baik, maka tentu investasi dari swasta akan masuk dengan lancar. Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa saat ini organisasi Otorita IKN sedang diselesaikan dan saat ini pula sudah ada tim transisi, yang nantinya akan terintegrasi dengan para Jaksa Agung Muda.

“Harapan kita bersama yaitu tentu IKN ini akan menjadi sesuatu yang memenuhi compliance dalam rangka kita membangun ibu kota negara sesuai dengan harapan dan rencana yang kita buat dari pertama,” ujarnya pula.