Varian Omicron Belum Ditemukan di Aceh, Warga Diminta Tetap Waspada
Ilustrasi-Petugas kesehatan melakukan tes usap PCR kepada warga di Pasar Anyar, Kota Tangerang, Banten (ANTARA)

ACEH - Dinas Kesehatan Aceh menyatakan kasus COVID-19 varian B.1.1.529 (varian omicron) hingga saat ini belum terdeteksi di wilayah Tanah Rencong. Meski demikian, masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan.

"Alhamdulillah hingga saat ini belum ada laporan kasus omicron di Aceh,” ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Aceh, Iman Murahman, di Banda Aceh dikutip VOI dari Antara, Rabu, 5 Januari.

Pemeriksaan Varian Omicron di Aceh

Menurut keterangan Iman, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Pemerintah Aceh terus melaksanakan pemeriksaan dan pelacakan terhadap kasus-kasus baru virus corona di Aceh.

Untuk mendeteksi COVID-19 varian omicron, terang Iman, perlu dilakukan pemeriksaan khusus di laboratorium, salah satunya bisa dilakukan di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Aceh di Siron, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

"Pemeriksaan untuk mendeteksi omicron bisa dilakukan di Balitbangkes Siron, Aceh Besar, dan alhamdulillah di Aceh belum ada kasus omicron,” kata Iman.

Tingkat Penularan Varian Omicron

Iman menjelaskan bahwa COVID-19 varian omicron bukan berbahaya pada sisi tingkat keparahan, melainkan berbahaya pada tingkat penularan yang begitu masif.

“Penularan bisa mencapai tiga hingga 10 kali lipat dari varian COVID-19 yang lain,” kata Iman.

Dari sisi gejala tetap sama. Hanya penderita varian omicron merasakan banyak berkeringat saat malam hari. Dinkes Aceh meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan dengan cara disiplin penerapan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Hingga saat ini, berdasarkan data Satgas Penangan COVID-19 Aceh, secara akumulatif kasus COVID-19 telah mencapai 38.431 orang, di antaranya pasien sudah sembuh sebanyak 36.363 orang, kasus meninggal dunia tercatat 2.066 orang, dan kasus aktif yang masih dalam penanganan medis dua orang.

Artikel ini telah tayang dengan judul Meski Belum Terdeteksi di Aceh, Dinkes Tetap Minta Warga Waspada dan Disiplin Prokes Cegah Omicron.