KSAD Dudung Abdurachman Minta Massa Reuni 212 Urungkan Niat
KSAD Jenderal Dudung Abdurachman diampingi oleh Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji dan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran (Diah/VOI)

ACEH – Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), memantau secara langsung penyelenggaraan Reuni 212. Dalam kegiatan tersebut, Dudung diampingi oleh Pangdam Jaya, Mayjen TNI Mulyo Aji dan Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran.

Dudung berada di tenda putih yang terletak di dekat taman pandang silang Monumen Nasional (Monas). Dia meminta peserta aksi mengurungkan niatnya sebab kegiatan tersebut tak memiliki izin keramaian.

"Mudah-mudahan, kami berharap bahwa saudara-saudara kita juga tidak melakukan aksi karena izinnya juga tidak ada. Marilah kita bangun bangsa ini dengan sebaik-baiknya dan mari kita jaga persatuan dan kesatuan," jelas Dudung, Kamis, 2 November.

Dudung Abdurachman Hanya Memantau Reuni 212

Dudung mengungkan bahwa dirinya memantau keadaan langsung kegiatan Reuni 212 hanya sebagai pembinaan. Hal tersebut dilakukan karena operasional pengamanan dilakukan oleh Mabes TNI.

"Kita hanya lihat kondisi prajurit di lapangan bagaimana kesiapan dan sebagainya untuk mendukung tugas operasional dari Mabes TNI. Rata-rata prajurit dan juga kepolisian siap untuk mengantisipasi itu," papar Dudung.

Peserta aksi Reuni 212 mulai berkumpul di sekitar kawasan Monas dan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat pagi ini. Meski demikian, mereka tak bisa masuk ke Patung Kuda.

Massa Reuni 212 Tak Bisa Masuk Patung Kuda Arjuna Wiwaha

Berdasarkan pantauan VOI, akses masuk ke Patung Kuda telah diblokade. Aparat memasang barikade berupa kawat berduri sebelum masuk ke Jalan Medan Merdeka Utara dan Jalan Medan Merdeka Selatan.

Akibat tidak bisa masuk ke Patung Kuda, massa berkumpul membentuk kelompok-kelompok kecil yang menyebar di Jalan Kebon Sirih, Jalan MH Thamrin, Jalan Menteng Raya, Jalan Arief Rachman Hakim, Jalan Kramat Kwitang, dan Jalan H. Agus Salim, dan lainnya

Artikel ini telah tayang dengan judul Situasi Terkini di Kawasan Monas, Massa Sudah Berkumpul, KSAD Jenderal Dudung Minta Peserta Aksi Reuni 212 Urungkan Niat Berkumpul.

Selain Reuni 212, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.