Keracunan Massal Terjadi di Pidie Aceh, Dinkes Lakukan Penyelidikan
Kepala Dinas Kesehatan Pidie dr Arika Husnayanti

ACEH - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pidie lakukan pendalaman terhadap kasus keracunan massal pada acara kenduri Maulid Nabi Muhammad saw. yang digelar di Gampong Cebrek, Kecamatan Simpang Tiga, Kabupaten Pidie, Aceh.

"Saat ini kami sudah mengirimkan beberapa sampel makanan dan muntahan dari pasien yang keracunan ke Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Aceh," terang Kepala Dinas Kesehatan Pidie, Arika Husnayanti, Kamis, 21 Oktober, dikutip dari Antara.

Arika menjelaskan, kasusnya keracunan, tetapi untuk penyebabnya belum diketahui dan mesti diteliti lebih lanjut oleh BPOM.

"BPOM Aceh akan memeriksa beberapa sampel makanan (nasi kotak) yang dipesan dari beberapa tempat makan yang berbeda dan hasilnya akan disampaikan nantinya," ujar Arika.

Keracunan Massal Makanan Saat Kenduri

Sebelumnya, Kepala Puskesmas Simpang Tiga, Eva Dorista, mengungkapkan bahwa pada Selasa, 19 Oktober sebanyak 46 warga diduga mengalami keracunan makanan. Hal tersebut terjadi saat perayaan kenduri Maulid Nabi Muhammad saw.

Saat kejadian tim Puskesmas Simpang Tiga dibantu Puskesmas Kembang Tanjung dan Dinkes, langsung ke lokasi untuk membuka posko di Meunasah setempat guna memudah pasien yang membutuhkan penanganan.

Eva memperkirakan, sekitar 30 pasien mendapatkan penanganan di tempat tidak memerlukan rujukan dan sekarang keadaannya mulai membaik.

Sisanya dirujuk ke rumah sakit dengan tempat yang berbeda, yaitu sembilan orang ke RSU TCD, dua orang ke RSU Mufid, satu orang RS Citra Husada, dan empat orang di salah satu praktek Bidan yang ada di Blangpaseh.

Pada hari kejadian pasien mengalami mual, muntah, dan ada yang sesak nafas di ikuti dengan diare, serta sakit kepala. Mereka mengalami gejala tersebut dengan berasumsi setelah makan nasi kenduri maulid.

“Saat ini semua pasien sudah tidak dirawat lagi dan dinyatakan sembuh," kata Eva Dorista.

Artikel ini telah tayang dengan judul Dinkes Selidiki Kasus Keracunan Massal di Pidie Aceh.

Selain keracunan massal, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Related News