Jembatan di Simeulue Aceh Ambruk Diterjang Banjir
FOTO VIA ANTARA

ACEH - Sebuah jembatan di Kabupaten Simeulue ambruk dihantam banjir. Hal tersebut diungkapkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Simeulue, Aceh.

Menurut keterangan Plt. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Simeulue, Zulfadli, jembatan tersebut berada di Gampong (Desa) Lala Bahagia, Kecamatan Salang.

"Ambruknya jembatan tersebut menyebabkan akses transportasi masyarakat terputus. Masyarakat terpaksa menggunakan rakit menyeberangi sungai," terang Zulfadli dikutip VOI dari Antara, Rabu, 12 Januari.

Rakit dan Perahu Karet Pengganti Sementara Jembatan di Sumeulue

Selain rakit, lanjut Zulfadli, BPBD Kabupaten Simeulue menyediakan perahu karet yang digunakan sebagai alat penyeberangan masyarakat di lokasi jembatan ambruk.

"Pemerintah Kabupaten Simeulue juga menurunkan alat berat untuk memperbaiki jembatan yang putus diterjang banjir tersebut," kata Zulfadli menyebutkan.

Warga setempat juga menyediakan jasa rakit untuk penyeberangan sungai. Rakit penyeberangan berbayar itu berjarak sekitar 700 meter dari pantai.

"Rakitnya berbayar, satu kendaraan Rp10 ribu. Kalau naik perahu karet milik BPBD tidak bisa dengan kendaraan, hanya orang saja yang bisa naik," kata Rahman, warga setempat.

Jembatan Jadi Akses Utama Masyarakat

Rahman berharap pemerintah Kabupaten Simeulue segera memperbaiki jembatan tersebut. Sebab, jembatan ambruk itu menjadi akses utama masyarakat di kecamatan paling ujung Simeulue tersebut.

"Jembatan tersebut akses utama masyarakat, mohon segera diperbaiki atau dibangun baru. Jika tidak, transportasi darat masyarakat di Kecamatan Salang terputus," kata Rahman.

Artikel ini telah tayang dengan judul Jembatan di Kabupaten Simeulue Aceh Ambruk Dihantam Banjir, BPBD Siapkan Perahu Karet untuk Penyeberangan.