Airlangga Bantah Pemerintah Tidak Libatkan Menteri Sosial dalam Penyaluran Bansos
Airlangga Hartarto/FOTO: Aris Nurjani-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto membantah kabar jika Menteri Sosial Tri Rismaharini tidak dilibatkan dalam perencanaan bantuan sosial (bansos) dan bahkan menegaskan pembahasan anggaran bansos melibatkan Kementerian Sosial (Kemensos). 

Airlangga menjelaskan anggaran untuk program bansos yang disalurkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) masuk ke dalam anggaran Kemensos. Karena itu, Mensos disebut pasti ikut terlibat pembahasan.

"Anggarannya dari Kemensos. Ya kalau anggaran dari Kementerian Sosial, kan pasti terlibat," ucapnya usai pencoblosan di TPS 05 Melawai, Rabu 14 Februari 2024.

Menurut Airlangga jika anggaran Kementrian sosial dilibatkan tentunya Risma juga terlibat dalam penyaluran bansos ke masyarakat.

"Ya kalau anggarannya terlibat, ya pasti terlibat (penyaluran). Kan anggaran pos-nya di situ," tuturnya.

  

Adapun, program bansos menjadi sorotan menjelang waktu Pemilu 2024 lantaran adanya dugaan politisasi bansos yang dilakukan oleh Presiden Jokowi Danbebeb menteri yang mendukung Capres-Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Selain itu, yang menjadi sorotan adalah pembagian bansos yang dilakukan Jokowi tidak didampingi oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini.