7 Bisnis Olahan Buah Durian yang Datangkan Cuan Berlimpah
Bisnis olahan buah durian (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Durian menjadi salah satu buah favorit banyak masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan, baik itu anak-anak dan orang dewasa. Lantaran peminatnya cukup tinggi, buah durian bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan. Jika jualan buahnya secara mentah sudah jadi hal biasa, Anda bisa mencoba ide beberapa bisnis olahan buah durian. 

Banyak orang menggandrungi buah durian karena rasanya yang legit dan khas. Buah dengan kulit berduri ini juga menyimpan nutrisi beragam yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, durian juga bisa dikonsumsi dengan berbagai cara olahan sehingga memberikan cita rasa yang lebih menggoda. 

Jika Anda sedang mencari ide bisnis, memanfaatkan buah durian untuk dijual bisa jadi pilihan yang menggiurkan. Lantas apa saja bisnis olahan buah durian yang bisa dijalankan?

Ide Bisnis Olahan Buah Durian

Saat ini ada beragam cara mengolah buah durian, sehingga menjadi sajian yang lebih memikat dan menggoda. Bagi Anda yang ingin mencari peruntungan di usaha kuliner, berikut ini sejumlah ide bisnis olahan buah durian yang bisa Anda coba:

Puding Durian

Salah satu olahan buah durian kekinian yang digemari oleh banyak orang adalah puding durian. Anda bisa membuka usaha berjualan puding durian karena peluang penjualannya cukup menjanjikan. 

Sama seperti buah lainnya, buah durian juga dapat diolah menjadi puding. Cara membuat puding durian pun cukup mudah. Pertama, Anda tinggal mengambil daging buahnya dan mencampurkannya ke dalam adonan seperti susu cair, bubuk agar-agar, dan lainnya. Durian yang sudah diblender bersama adonan tadi kemudian direbus dan dicampur dengan kuning telur. 

Pancake Durian

Pancake durian juga menjadi ide bisnis olahan durian dengan keuntungan yang cukup tinggi. Saat ini, pancake menjadi makanan kekinian yang banyak diburu orang sebagai hidangan sampingan atau pelengkap. 

Pancake durian warna-warni bisa Anda buah secara mudah dan bahan-bahannya gampang didapatkan. Anda tinggal mengambil daging buah durian, kemudian melapisinya dengan adonan pancake yang berwarna-warni. 

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kulit pancake, yaitu tepung terigu, telur, susu cair, dan essens pandan. Untuk daging buah duriannya dicampur dengan whipped cream. Setelah jadi, adonan buahnya kemudian dimasukkan ke dalam kulit pancake.  

Cokelat Durian

Buah durian juga bisa diolah dengan bahan cokelat untuk menjadi sajian yang menarik dan lezat. Cokelat durian cukup diminati karena menawarkan kelezatan dari cokelat yang berisi selai durian yang meleleh ketika digigit atau dimakan. 

Cokelat durian bisa dibuat dengan cara yang mudah, sehingga cocok bagi Anda yang mencari ide bisnis makanan. Untuk membuat makanan ini, Anda perlu menyiapkan cokelat batangan yang sudah dilelehkan. Lelehan coklat tersebut kemudian dimasukkan ke dalam cetakan dan diisi dengan selai durian. Lalu adonan dimasukkan ke dalam kulkas supaya mengeras. 

Kopi Durian

Buah durian juga bisa diolah sebagai campuran kopi. Anda bisa berjualan kopi durian untuk menawarkan sajian kopi yang berbeda dengan umumnya yang menggunakan campuran gula, susu, dan cream.

Bisnis kopi durian cocok bagi Anda yang kedai atau warung kopi. Untuk membuat sajian kopi durian, caranya sangatlah mudah. Anda perlu memasukan kopi tubruk ke dalam air, kemudian dimasak sampai mendidih. Setelah itu, masukkan daging durian ke dalam kopi dan aduk hingga merata. Lalu saring halus campuran kopi dan durian tersebut ke dalam gelas.

Kolak Durian

Jika biasanya kolak dibuat dari buah seperti pisang dan ubi, Anda juga bisa membuat kolak dari durian. Kolak durian bisa menjadi ide bisnis bagi Anda yang ingin membuka usaha kuliner dengan menu unik. 

Cara membuatnya kolak durian hampir sama dengan membuat kolak pada umumnya. Bahan-bahan yang diperlukan terdiri dari santan, gula merah, gula pasir, garam, daun pandan, dan lainnya. Anda hanya perlu mengambil daging durian, kemudian dimasukkan ke dalam olahan kolak. 

Kue Sus Durian

Ide bisnis olahan durian lainnya yang juga menarik untuk dipilih adalah kue sus durian. Jika umumnya kue sus berisi susu atau coklat, Anda bisa menggantinya dengan isian durian.  Kue sus durian menjadi kuliner yang unik karena menawarkan cita rasa berbeda dan khas. 

Sop Durian

Selain dicampur dalam kolak, buah durian juga bisa Anda masukkan ke dalam hidangan sop. Sop durian bisa menjadi pilihan bisnis kuliner yang perlu Anda coba. Sudah ada beberapa contoh brand sop durian yang cukup terkenal, seperti Sop Durian Lodaya milik Choky Sitohang, Sop Durian Durio, Sop Durian Van Depok, dan lain-lain.

Sop durian menawarkan rasa yang lezat, unik, dan berbeda dari sop pada umumnya. Sop durian dibuat dari daging durian yang dihidangkan dengan tambahan es dan topping seperti parutan keju, susu, coklat, dan lain-lain.

Demikianlah beberapa ide bisnis olahan buah durian yang bisa Anda coba untuk mencari penghasilan tambahan. Saat ini buah durian semakin mudah didapatkan dan beberapa bahan untuk mengolahnya pun mudah Anda beli di supermarket atau pasar. Baca juga artikel jenis kemasan untuk bisnis makanan

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.