Progres Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 1 Capai 75,29 Persen, Ditargetkan Rampung 2024
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) Tbk atau HK melaporkan progres konstruksi Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 1 ruas Padang Tiji-Seulimum telah mencapai 75,29 persen hingga Desember 2023.

Melansir dari laman Instagram resmi Hutama Karya di @hutamakarya, progres ruas Tol Padang Tiji-Seulimum telah mencapai 75,29 persen.

Dalam rangka mempercepat penyelesaian konstruksi tol tersebut, Hutama Karya diketahui menggunakan teknologi BIM 3D model pada seluruh proses konstruksi.

"Pengukuran progres galian dan timbunan (juga menggunakan teknologi) drone photogrammetry, serta menggunakan metode blasting untuk galian di mainroad," tulis keterangan resmi HK dalam unggahan akun Instagram resminya, dikutip Senin, 18 Desember.

Menurut rencana, jalan tol tersebut akan rampung pada kuartal I 2024 dan dinilai dapat mempersingkat waktu tempuh dari Padang Tiji-Seulimum yang mulanya selama 60 menit menjadi 20 menit saja.

Di samping itu, jalan tol ini juga ke depan diharapkan mampu mempercepat laju perekonomian melalui kemudahan akses logistik di kawasan wilayah tersebut.

Adapun Jalan Tol Sigli-Banda Aceh membentang sepanjang 74,2 kilometer (km) dan terdiri atas 6 seksi.

Rinciannya, Seksi 1 Padang Tiji-Seulimum (14,67 km), Seksi 2 Seulimeum-Jantho (6,26 km), dan Seksi 3 Jantho-Indrapuri (16,37 km).

Kemudian, Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang (14,60 km), Seksi 5 Blang Bintang-Kuto Baro (7,3 km), serta Seksi 6 Kuto Baro-Simpang (5 km).