Diisukan Jadi Dirut Pertamina, Ahok Dinilai Bukan Orang yang Tepat
Ilustrasi gedung Pertamina (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR Fraksi Partai Keadilan Sosial (PKS) Amin AK angkat suara soal isu Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bakal menjadi Direktur Utama Pertamina. Amin menilai Ahok bukan sosok yang tepat.

Sekadar informasi, belakangan ini beredar isu Ahok digadang-gadang bakal menjadi Direktur Utama Pertamina menggatikan Nicke Widyawati. Adapun saat ini Ahok menjabat sebagai Komisioner Utama Pertamina.

“Terkait wacana Pak Ahok akan menjadi Dirut Pertamina, secara pribadi saya menilai beliau bukan orang yang tepat untuk posisi tersebut,” tutur Amin dihubungi VOI, Senin, 24 Juli.

Amin mengatakan pandangannya tersebut bukan tanpa alasan. Pertama, Amin menilai selama menjabat sebagai Komisaris Utama Pertamina kinerja Ahok biasa saja.

“Kedua, figur Pak Ahok lebih menonjol sebagai seorang politisi daripada pebisnis atau profesional,” tuturnya.

Terkait isu rencana pergantian Dirut Pertamina, Amin mengaku tidak mengetahui apakah menjadi kenyataan dalam waktu dekat atau tidak.

“Menteri BUMN sendiri sampai saat ini tidak secara tegas mengungkapkan hal ini, baik di depan komisi VI atau di ruang publik,” katanya.

Meski begitu, Amin menekankan bahwa pergantian direksi BUMN sendiri merupakan kewenangan Menteri BUMN, tanpa harus minta pertimbangan atau masukan dari Komisi VI DPR RI.

“Sebagai anggota Komisi VI DPR RI yang bermitra dengan kementerian BUMN maupun BUMN itu sendiri, saya senantiasa mendorong agar figur yang dipilih menjadi Direksi maupun Komisaris BUMN adalah orang yang berintegritas dan kompeten,” jelasnya.

Apalagi, kata Amin, Kementrian BUMN sendiri sudah memiliki core values untuk para direksi dan komisaris yaitu AKHLAK atau Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.