Ingin Dapat Cuan? Intip Peluang Bisnis Pakaian Muslim Menjelang Ramadan
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Peluang bisnis pakaian muslim menjelang Ramadan merupakan topik yang menarik untuk diperbincangkan. Tahun ini, bulan Ramadan diprediksi bakal jatuh pada 23 Maret 2023. Pada momen ini, pemilik bisnis baju muslim akan menjadi pihak yang paling diuntungkan. Sebab membeli produk fashion menjelang puasa atau lebaran sudah menjadi sebuah tradisi, khususnya di Indonesia.

Peluang Bisnis Pakaian Muslim Menjelang Ramadhan

Bisnis baju muslim menjelang bulan Ramadhan menjanjikan untung besar. Karena target market dari bisnis ini cukup jelas dan spesifik.

Menurut data The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC), populasi muslim di Indonesia pada 2022 diperkirakan sebanyak 237,6 juta jiwa. Angka tersebut setara dengan dengan 86,7% populasi di dalam negeri.

Banyaknya jumlah penduduk beragama Islam di Indonesia membuat peluang bisnis busana muslim menjadi sebuah bisnis yang cukup potensial untuk digeluti.

Selain itu, tren belanja busana muslim juga seringkali meningkat pada momen tertentu, seperti di bulan Ramadhan.

Masyarakat muslim di Indonesia punya kebiasaan belanja baju muslim baru menjelang bulan Ramadan dan hari raya Idulfitri. Hampir semua umat muslim di berbagai kalangan akan menyerbu toko baju atau mall untuk membeli pakaian muslim.

Jenis Pakaian Muslim yang Paling Populer di Indonesia

Bagi Anda yang tertarik membuka bisnis pakaian muslim menjelang Ramadan, Anda perlu melirik jenis busana muslim paling populer di Indonesia.

Dirangkum VOI dari berbagai sumber, Rabu, 8 Februari 2023, berikut jenis pakaian muslim yang paling diminati oleh penduduk Indonesia:

  1. Tunik

Tunik merupakan salah satu jenis busana yang digemari oleh para muslimah. Busana ini memiliki potongan yang longgar dan terlihat sopan. Selain itu, tunik juga bisa dipadupadankan dengan celana jeans, kulot, atau rok panjang.

Tunik kerap dipilih sebagai outfit dengan gaya casual oleh para kaula muda. Busana ini hadir dengan berbagai model yang menarik dan menawarkan berbagai pilihan warna, aksen, hingga bahan yang bisa memberikan kesan mewah.

Tunik memungkinkan para muslimah yang aktif untuk lebih bebas bergerak. Oleh sebab itu, tak heran jika banyak muslimah yang memilih tunik sebagai busana mereka.

  1. Gamis

Gamis merupakan item fashion yang wajib ada ketika membuka bisnis pakaian muslim. Busana ini kerap dijadikan sebagai outer atau dipadupadankan dengan rok.

Saat ini, desain gamis sudah lebih bervariasi dan modern serta bisa digunakan oleh semua kalangan.

Gamis terbuat dari macam-macam bahan kain, seperti katun, sifon, balotelli, wollycrepe dan lain-lain. Gamis bukan hanya busana untuk wanita, tapi juga pria.

Di Indonesia, ada banyak pria yang memakai busana ini saat beribadah ke masjid. Gamis memiliki peminat yang sangat besar, oleh sebab itu, item fashion ini tidak boleh luput ketika Anda membuka bisnis pakaian muslim menjelang Ramdhan.

  1. Kaftan

Berikutnya ada kaftan. Ciri khas busana ini adalah bagian lengan dibuat melebar dan menjadi satu dengan tubuh, tanpa adanya jahitan sehingga bentuknya tampak seperti jubah.

Kaftanbisanya memiliki hiasan renda pada bagian leher serta sisi-sisinya dan aksen kerut pada bagian pinggang.

Kaftan menjadi incaran banyak wanita ketika Ramadhan. Busana ini dapat memberikan kesan mewah, modis, feminim.

  1. Baju Koko

Di Indonesia, baju koko tidak hanya digunakan untuk beribadah saja, tapi juga untuk menghadiri berbagai acara tertentu. Bahkan, tak sedikit yang memakai baju ini untuk bekerja, kuliah, atau hangout. Ini merupakan hal yang wajar, sebab baju koko memiliki desain modern dan stylish.  

  1. Sarung

Pakaian muslim lainnya yang wajib ada di toko busana muslim adalah sarung. Busana ini akan selalu dicari oleh pria muslim. Bahkan, item fashion ini juga sering dijadikan sebagai parcel lebaran.

Demikian informasi tentang peluang bisnis pakaian muslim menjelang Ramadhan, beserta rekomendasi busana muslim paling populer di Indonesia. Semga bermanfaat!