Perusahaan Milik Suami Puan Maharani Ini Berhasil Rampungkan Proyek Pipa Minyak di Blok Rokan
Ilustrasi. (Foto: Dok. Rukun Raharja)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan migas yang saham mayoritasnya dimiliki suami Ketua DPR Puan Maharani, Hapsoro Sukmonohadi, yakni PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) telah menyelesaikan proyek pipa minyak Rokan. Uji coba penyaluran minyak pertama sesuai dengan target yang ditetapkan.

RAJA membangun pipa minyak Rokan untuk Pertamina melalui Kerja Sama Operasi (KSO) dengan PT Pertamina Gas (Pertagas). Dalam uji coba penyaluran minyak pertama (first oil in), perusahaan mengalirkan minyak dari Duri Crude CGS10 ke Stasiun Meter Dumai.

Uji coba penyaluran perdana dilakukan sejak 27 Januari 2022. Minyak tersebut telah sampai di Stasiun Meter Dumai pada 31 Januari 2022.

Uji coba ini menggunakan 18.781 barrel oil per day (BOPD) minyak dari PT Pertamina Hulu Rokan. RAJA-Pertagas merampungkan pekerjaan pipa minyak rokan (mechanical completion pipeline) semenjak Desember 2021.

Proyek jumbo itu membentang sepanjang 342 Km dan 13 segmen pipa. Pada Januari 2022, dilanjutkan dengan pekerjaan proyek ke tahap berikutnya yaitu fase commissioning dengan melakukan uji coba penyaluran minyak perdana di segmen CGS10 Duri ke Stasiun Meter Dumai.

Setelah uji coba pengaliran di segmen CGS10 Duri hingga ke Stasiun Meter Dumai, selanjutnya akan dilaksanakan comissioning kedua di Segmen Duri CGS1, 3 dan 5. Direktur Rukun Raharja Oka Lesmana menuturkan berpartisipasi dalam KSO untuk pembangunan Proyek Pipa Rokan ini adalah salah satu milestone penting dalam bisnis Perseroan.

"Selain itu partisipasi ini juga merupakan bentuk dukungan penuh kepada pemerintah terhadap stabilitas produksi minyak nasional, di mana saat ini Blok Rokan berkontribusi sekitar 24 persen terhadap produksi minyak nasional. Tentunya kami berharap tidak hanya Proyek Pipa Rokan ini, Perseroan akan terus mengembangan potensi-potensi kerjasama lainnya agar dapat berkontribusi lebih untuk pemenuhan energi nasional," katanya dalam keterangan tertulis, dikutip Senin 7 Februari.

Pipa Minyak Rokan ini melintasi 5 Kabupaten/Kota dan 38 Desa di Riau. Pipa Minyak Rokan terbagi ke dalam dua bagian yakni jalur utara yang menghubungkan Koridor Balam - Bangko - Dumai, serta jalur selatan yang menghubungkan Koridor Minas - Duri - Dumai, di mana proyek ini berhasil mencatatkan 4.045.342 jam kerja aman, tanpa kecelakaan hingga proyek selesai.

Sebagai informasi, saat ini pemegang saham RAJA adalah Hapsoro suami Puan (32,74 persen), Johan Lensa (10,09 persen), Sentosa Bersama Mitra (32,13 persen) dan masyarakat (25,03 persen).