VIDEO: Sri Mulyani Tegaskan Pertamina Tak Boleh Banyak Alasan soal Isu Transisi Energi
Sri Mulyani/DOK VIA ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mendorong peran aktif PT Pertamina (Persero) untuk mendukung transisi energi di Indonesia menuju arah yang lebih baik.

Menurut Menkeu, Pertamina mempunyai posisi strategis dalam mewujudkan hal tersebut. Pasalnya, sebagai BUMN migas terbesar, Pertamina bakal menjadi barometer dalam optimalisasi sumber-sumber energi yang ramah lingkungan.

Untuk itu, Menkeu menginginkan Pertamina betul-betul serius dalam menggarap bidang energi baru dan terbarukan serta tidak mengesampingkan agenda penting ini dengan target misi yang lain.

“Jadi Pertamina tidak excuse: bu kami banyak sekali misinya. Ya sama (Kementerian Keuangan juga),” ujar dia dalam sebuah webinar pada Selasa, 7 Desember.

Menkeu pun lantas membandingkan dengan cakupan kerja Kementerian Keuangan yang memiliki mandatori tugas di berbagai bidang.

“Sama seperti kami yang punya banyak misi fiskal dalam APBN harus menangani banyak sekali goals, seperti edukasi, kesehatan, pertahanan, keamanan, dan terkait pemerataan. Namun yang perlu diingat adalah bidang energi juga penting,” tuturnya.

Penjelasan Sri Mulyani di video ini: