Kapolri Pastikan Pengawalan Pemudik di Daerah Rawan
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Menko Polhukam Hadi Tjahjanto/FOTO: Humas Polri

Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan bakal memberikan pengawalan kepada para pemudik yang khawatir saat melintas di daerah rawan kejahatan maupun kecelakaan.

Para pemudik diminta untuk melapor kepada petugas yang berara di pos pengamanan dan pelayanan yang sudah disediakan.

"Untuk pengamanan yang disampaikan pak Menko Polhukam terkait dengan kekhawatiran, apabila masyarakat merasa di dalam perjalanannya khawatir di wilayah tertentu rawan kejahatan silakan melapor ke pos terdekat," ujar Sigit, Senin, 1 April.

Menurutnya, personel kepolisian akan siap 24 jam melakukan pengawalan kepada seluruh masyarakat saat melakukan perjalanan mudik di wilayah kategori rawan.

Dengan begitu diharapkan masyarakat akan merasa aman dan nyaman saat selama perjalanan ke kampung halamannya masing-masing.

"Kita akan siapkan pengawalan termasuk di jalur yang banyak kecelakaan lantas di jalur lintas Sumatera. Karena kita juga mempersiapkan selain tol, tentunya ada jalur arteri,” sebutnya.

 

Selain itu, Sigit juga menyampaikan ruas jalan yang masuk katergori rawan berdasarkan pemetaan terus diupayakan perbaikan, khususnya penerangan.

Polri meminta ada tambahan rambu-rambu lalu lintas, serta papan informasi dan sosialisasi.

“Sehingga masyarakat betul-betul merasakan perjalanan mudik lancar, aman, dan selamat sampai tujuan masing-masing," kata Sigit.