Ahli Khawatirkan Pemanasan Global Dapat Meningkatkan Jumlah Paus Tersesat di Teluk Osaka
Ilustrasi paus. (Wikimedia Commons/Acqumen Enterprises)

Bagikan:

JAKARTA - Para ahli cetacea mengkhawatirkan peningkatan pemanasan global dapat meningkatkan jumlah paus yang tersesat di Teluk Osaka, Jepang, setelah kematian terbaru terjadi bulan lalu.

"Paus biasanya tersesat setiap tiga tahun sekali," kata Yasunobu Nabeshima, peneliti tamu di Museum Sejarah Alam Osaka, kepada CBS News, seperti dikutip 25 Maret.

"Sampai saat ini fenomena tersebut jarang terjadi. Namun kejadian tersebut semakin meningkat," lanjutnya.

Tragedi bulan lalu menandai kasus kedua dalam beberapa tahun terakhir. Nabeshima mengatakan, pemanasan global telah mengurangi perbedaan suhu antara Samudera Pasifik dan Teluk Osaka, menjadikan Arus Kuroshio yang kuat sebagai "ban berjalan air hangat" yang mendorong paus dari lautan dalam ke perairan dangkal di sepanjang pantai.

Episode terbaru dimulai pada pertengahan Januari, ketika paus sperma pertama kali terlihat di lepas pantai Kota Nishinomiya, Prefektur Hyogo. Kamera TV dan pihak berwenang setempat dengan cermat melacak paus yang terancam punah itu saat ia berenang tanpa arah ke timur menuju Osaka.

Karena kehilangan makanan utamanya, cumi-cumi raksasa, mulut paus menjadi lemas.

Tubuh korban paus sperma terbaru yang sangat kurus, seekor paus jantan dengan berat lebih dari 30 metrik ton dan panjang 50 kaki, ditemukan dan dikuburkan sementara setelah para pejabat memutuskan biayanya akan lebih murah daripada mengangkut bangkainya ke laut. Setelah dua tahun, kerangka tersebut akan digali dan disumbangkan ke museum setempat.

Seorang peneliti mengatakan kepada jaringan lokal MBS TV, makhluk itu pertama-tama akan menjalani analisis forensik untuk menentukan penyebab kematian, usia, riwayat cedera dan penyakit, serta tes DNA untuk menentukan asal usulnya. Paus yang terperangkap tahun lalu berusia 46 tahun. Paus sperma tercatat hidup selama 62 tahun.

osaka bay
Ilustrasi kawasan Teluk Osaka, Jepang. (Wikimedia Commons/Pedro Szekely)

Para ahli juga berencana mencari bongkahan ambergris di usus makhluk itu, zat lilin yang sangat langka dan aneh yang diproduksi paus sperma dari potongan cumi-cumi dan cephalopoda lainnya yang belum tercerna.

Dikenal sebagai "emas mengambang" dan hanya ditemukan pada 1 hingga 5 persen paus sperma, ambergris digunakan dalam parfum Prancis. Pada tahun 2021 satu bongkahan terjual seharga 1,5 juta dolar AS.

Berbeda dengan pelabuhan Jepang yang mudah dinavigasi seperti Kobe, Teluk Osaka, yang melayani kota terbesar ketiga di Jepang, merupakan labirin pulau-pulau buatan dan semenanjung yang ditimbun, dipenuhi dengan taman hiburan dan pusat perbelanjaan serta gudang dan pabrik industri.

Ini sebenarnya merupakan jebakan maut bagi mamalia laut, dengan banyak sudut dan celah serta dibatasi oleh dermaga dan pemecah gelombang, membuat makhluk tersebut tidak mungkin menemukan jalan kembali ke perairan biru.

Seekor paus sperma lainnya mati di dekat muara Sungai Yodo di Osaka pada Bulan Januari 2023. Nabeshima, dari Museum Osaka, mengatakan kepada CBS News, sekawanan lumba-lumba paruh pendek terjebak di Teluk Osaka pada musim gugur lalu dan mereka dapat dilihat dari Yumeshima, sebuah pulau buatan dan tempat penyelenggaraan Expo 2025, yang akan dibuka pada Bulan April. Penyu juga terdampar di daerah tersebut.

Paus liar bisa menjadi masalah besar bagi pemerintah daerah. Biaya yang ditanggung pembayar pajak untuk penguburan paus sperma yang terdampar di lepas pantai tahun lalu mencapai lebih dari setengah juta dolar, 10 kali lipat biaya penguburan di darat, menurut surat kabar Mainichi.

Para ilmuwan telah menyerukan langkah-langkah baru untuk menjauhkan hewan-hewan besar ini dari bahaya, termasuk menggunakan "alat pencegah akustik" yang diaktifkan dengan sensor yang ditempatkan di Selat Kii, pintu masuk ke Laut Pedalaman dari Samudra Pasifik, untuk mencegah paus menjelajah di dekat garis pantai.