Cuaca Nasional Rabu 24 Januari 2024: Hujan Guyur 25 Kota Besar di Tanah Air
Ilustrasi Cuaca Esktrem (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca nasional untuk Rabu 24 Januari 2024. Prakirawan Nurul Izzah Fitria mengungkapkan, sebanyak 25 kota besar di Tanah Air diprediksi diguyur hujan.

“Di Pulau Sumatera, hujan ringan berpotensi terjadi di Kota Pekanbaru, Padang, Pangkalpinang, Bandar Lampung, dan Jambi. Hujan sedang di Kota Medan, Tanjung Pinang, dan Palembang,” ujar Nurul Izzah dalam Siaran Info BMKG Rabu 24 Januari.

Sedangkan cuaca berawan tebal diprediksi terjadi di Kota Banda Aceh, dan cuaca berawan di Kota Bengkulu.

Di Pulau Jawa, Kota Jakarta berawan. Hujan ringan berpotensi turun di Kota Serang, dan Yogyakarta, serta hujan sedang di Kota Semarang. “Waspada potensi hujan disertai petir di Kota Bandung dan Surabaya,” jelas Nurul Izzah.

Di Pulau Bali dan Nusa Tenggara, cuaca berawan di Kota Denpasar, dan Mataram. Hujan ringan diprediksi di Kota Kupang.

“Untuk Pulau Kalimantan, semua kota besarnya, Palangkaraya, Pontianak, Tanjung Selor, Samarinda, dan Banjarmasin berpotensi hujan ringan,” kata Nurul Izzah.

Di Pulau Sulawesi, cuaca cerah berawan di Kota Gorontalo, serta cuaca berawan di Kota Palu dan Kendari. Hujan ringan berpotensi terjadi di Kota Manado, dan Mamuju, sedangkan hujan sedang di Makassar.

Di Maluku dan Papua, cuaca cerah berawan di Kota Ternate. Hujan ringan di Kota Ambon dan Manokwari, serta hujan sedang di Jayapura.

Suhu udara di kota-kota besar Tanah Air berkisar antara 20 sampai 34 derajat celsius, dengan kelembapan udara 50 hingga 100 persen.