55 Negara yang Tidak Mengakui Palestina, dari Amerika hingga Asia
negara yang tidak mengakui Palestina (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Status politik negara Palestina masih terus menjadi perdebatan sampai sekarang, di tengah agresi yang tak berujung dari Israel. Meski kemerdekaan Palestina sudah diakui oleh beberapa negara, namun ada juga negara yang tidak mengakui Palestina sampai sekarang. 

Sebenarnya Palestina telah diakui sebagai negara berdaulat de jure berdasarkan hukum wilayah Timur Tengah. Tetapi Palestina tidak mempunyai kendali penuh atas sebagian besar daerahnya, lantaran mayoritas tanahnya diduduki oleh Israel. Palestina hanya menempati wilayah kunci yang termasuk di Jalur Gaza dan Tepi Barat. 

Dari tahun ke tahun, wilayah negara Palestina semakin menyempit karena tergerus akan serangan pencaplokan tanah oleh Israel. Palestina hingga kini masih terus berupaya mencari pengakuan sebagai negara yang resmi diakui semua negara di dunia. Lantas mana saja negara yang tidak mengakui Palestina?

Daftar Negara yang Tidak Mengakui Palestina

Berdasarkan data World Population Review, sampai sekarang ada sebanyak 139 negara yang resmi memberi pengakuan bilateral kepada Negara Palestina. Pengakuan ini diperoleh setelah Dewan Nasional Palestina mendeklarasikan kemerdekaan pada 15 November 1988 di Aljazair. 

Namun di sisi lain, ada sejumlah 55 negara yang tidak mengakui Palestina sebagai negara secara resmi. Bahkan beberapa negara besar atau adigdaya yang masih belum mengakui Palestina. Negara-negara tersebut yaitu Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Prancis, yang tidak mau mengakui negara Palestina sampai konflik dengan Israel berujung damai. 

AS tidak mengakui kemerdekaan Palestina karena negara berjuluk Paman Sam ini menjalin hubungan erat dengan Israel. Negara pimpinan Joe Biden tersebut diketahui telah menjadi pendukung kuat negara zionis itu sejak didirikan pada tahun 1948. Dukungan dari AS terus berlanjut selama puluhan tahun konflik di tanah Palestina dengan Israel. 

Pemerintah AS diketahui telah menyumbang bantuan ekonomi dan militer yang cukup masif kepada Israel selama bertahun-tahun lamanya. Banyak pemangku kebijakan AS menganggap Israel sebagai sekutu utama di Timur Tengah. 

Selain AS, berikut ini negara-negara yang tidak mengakui kemerdekaan Palestina:

Negara Eropa yang Tidak Mengakui Kemerdekaan Palestina:

  1. Austria
  2. Inggris
  3. Monako
  4. Andorra   
  5. Belgia
  6. Finlandia
  7. Prancis
  8. Kroasia
  9. Denmark
  10. Estonia
  11. Italia
  12. Latvia
  13. Jerman
  14. Yunani
  15. Belanda
  16. Makedonia Utara
  17. Irlandia
  18. Lithuania
  19. Spanyol
  20. Swiss
  21. Liechtenstein
  22. Luksemburg
  23. Moldova
  24. Norwegia
  25. Slovenia
  26. San Marino
  27. Portugal

Negara Amerika yang Tidak Mengakui Kemerdekaan Palestina

  1. Meksiko
  2. Bahama
  3. Kanada
  4. Amerika Serikat
  5. Panama
  6. Trinidad dan Tobago
  7. Jamaika
  8. Barbados

Negara Asia yang Tidak Mengakui Kemerdekaan Palestina

  1. Jepang
  2. Singapura
  3. Myanmar
  4. Armenia
  5. Korea Selatan

Negara Timur Tengah yang Tidak Mengakui Kemerdekaan Palestina

  1. Israel

Negara Oseania yang Tidak Mengakui Kemerdekaan Palestina

  1. Fiji
  2. Negara Federasi Mikronesia
  3. Kiribati
  4. Nauru
  5. Selandia Baru
  6. Australia
  7. Samoa
  8. Pulau Marshall
  9. Pulau Solomon
  10. Palau
  11. Tonga
  12. Tuvalu

Negara Afrika yang Tidak Mengakui Kemerdekaan Palestina

  1. Kamerun
  2. Eritrea

Palestina Mengajukan Pengakuan kepada PBB

Pada tahun 2011, Presiden Palestina mengajukan permohonan keanggotaan negara Palestina di PBB. Namun negara ini masih belum diterima untuk mendapat pengakuan yang cukup sebagai anggota PBB. Jumlah negara yang mengakui Palestina baru sebanyak 138 dari 193 negara. 

Selain itu, agar bisa masuk dalam anggota penuh, Palestina harus mendapat rekomendasi dari Dewan Keamanan PBB yang terdiri dari lima anggota tetap. Kelima negara tersebut yaitu Rusia, Inggris, Amerika Serikat, Perancis, dan China. 

Pada tahun 2012, Palestina diberikan status negara pengamat non-anggota di PBB. Palestina hanya diberikan hak untuk berbicara di Majelis Umum PBB, namun tidak memiliki hak suara. 

Demikianlah beberapa negara yang tidak mengakui Palestina sampai sekarang. Hingga saat ini, Palestina masih terus memperjuangkan haknya untuk mendapatkan pengakuan resmi sebagai negara dari negara-negara anggota PBB dan seluruh dunia. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.