Ikuti Jejak Jokowi, Gibran Bakal Keluarkan 3 Kartu Sakti Lagi
Gibran Rakabuming Raka saat Berpidato (Foto: DOK Nailin In Saroh)

Bagikan:

JAKARTA - Bakal cawapres Koalisi Indonesia Maju (KIM) Gibran Rakabuming, menyampaikan pidato politik di hadapan ribuan relawan di Arena Indonesia Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu, 25 Oktober. Pidato ini disampaikan Gibran sebelum mendaftarkan diri ke KPU bersama bakal capres Prabowo Subianto hari ini. 

Ikuti jejak Presiden Joko Widodo yang mengeluarkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Gibran berjanji akan menambah 3 kartu sakti lagi, yakni KIS Lansia, KIS Ibu dan Anak, dan Kartu Anak Sehat untuk pencegahan stunting. Kartu-kartu ini sejalan dengan visi Prabowo untuk perbaikan gizi anak Indonesia.  

Awalnya, Gibran mengatakan, bersama Prabowo akan melanjutkan program pemerintahan yang sedang berjalan. Menurutnya, program pemerintahan Jokowi-Maruf amin sudah membawa Indonesia ke gerbang kemajuan. 

"Tugas kita sekarang melanjutkan dan menyempurnakan," ujar Gibran dalam pidatonya di Indonesia Arena, Rabu, 25 Oktober.

Gibran juga mendukung penuh hal-hal yang terkait dengan anak-anak muda, generasi milenial, generasi Z, dan para santri. Menurutnya, Indonesia butuh  generasi muda yang handal,  tangguh, dan memiliki komitmen kebangsaan. 

"Untuk itu, mohon izin Pak Prabowo saya ingin membocorkan beberapa program unggulan. Dana abadi pesantren, dana abadi pesantren ini adalah mandat dari Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019. Sekarang sudah ada yang namanya KUR, sudah ada yang namanya Kredit Mekar, sudah ada wakaf mikro, ada kredit ultra mikro, nanti akan kami tambahkan lagi kredit startup milenial. Ini untuk bisnis-bisnis para milenial yang berbasis inovasi dan teknologi," jelas Gibran. 

Gibran lantas menyinggung soal tambahan kartu. "Sekarang sudah ada KIS, ada Kartu Indonesia Pintar, ada PKH, nanti saya tambahkan lagi KIS lansia. Ada satu lagi, tapi ini yang bawa biar istri saya saja, soalnya ini berhubungan dengan ibu dan anak, Kartu Anak Sehat untuk pencegahan stunting," katanya. 

Gibran juga menyoroti soal hilirisasi untuk komoditas pertambangan, pertanian, dan perikanan. Serta ekonomi hijau dan energi hijau untuk keberlanjutan.

"Bapak dan Ibu sekalian, saya yakin keberlanjutan dan konsistensi adalah modal kita untuk melompat lebih jauh menuju Indonesia Emas. Sekali lagi terima kasih Bapak Ibu semua, mohon doanya agar semuanya lancar, dan semoga perjalanan