Ternak Warga di Aceh Timur Tewas Diterkam Harimau
Polisi bersama masyarakat memeriksa lokasi bangkai sapi yang dimati dimangsa harimau di Kabupaten Aceh Timur, Rabu (18/10/2023). ANTARA/HO-Dok Warga

Bagikan:

ACEH - Kapolres Aceh Timur AKBP Andy Rahmansyah menyatakan, Harimau Sumatra (Panthera Tigris Sumatrae) memangsa seekor lembu betina milik warga Desa Panton Rayeuk T, Kecamatan Banda Alam, Kabupaten Aceh Timur.

"Ternak tersebut milik Andi, warga setempat. Kejadian terjadi pada pagi tadi sekitar pukul 05.32 WIB," kata Andy Rahmansyah di Aceh Timur, Antara, Rabu, 18 Oktober. 

Saat itu, kata dia, si pemilik ternak melihat lembunya yang diikat di ladang mati dengan kondisi terluka parah. Di bagian perut ternak tersebut, lanjutnya, ada bekas cakaran harimau.

Setelah melihat kondisi ternak, si pemilik sapi melaporkan ke Polsek Banda Alam. Selanjutnya personel polsek bersama masyarakat mendatangi lokasi kejadian.

"Sesampainya di tempat kejadian, ditemukan seekor lembu mati dengan kondisi seperti diterkam harimau. Bangkai sapi tersebut ditemukan dekat tanaman sawit," katanya.

Selanjutnya personel Polsek Banda Alam bersama dengan kepala desa dan perangkat desa setempat mengimbau masyarakat tidak melepasliarkan ternak mereka di daerah tersebut.

Sebab, kata Andy Rahmansyah, jika ternak-ternak lainnya dibiarkan berkeliaran di sekitar lokasi sapi ditemukan mati, maka dikhawatirkan juga dimangsa satwa dilindungi tersebut.

"Kami mengimbau masyarakat segera menggiring ternak mereka ke pemukiman, guna mencegah harimau tersebut memangsa sapi yang lain," ucapnya. 

Ternak warga dimangsa harimau di Desa Panton Rayeuk T, Kecamatan Banda Alam, juga pernah terjadi pada pertengahan Agustus 2023. Saat itu anak sapi milik Zakaria ditemukan mati dengan kondisi leher dan punggung berlumuran darah.

Di dekat anak sapi tersebut ditemukan jejak harimau. Jejak satwa dilindungi tersebut juga terlihat memasuki permukiman penduduk di wilayah pedalaman Kabupaten Aceh Timur.